Siapa Sahabat Karib Singapura? Salah Satunya Musuh Bebuyutan Bangsa Palestina

Kamis, 26 September 2024 - 10:30 WIB
Akses bagi pasukan Australia ke fasilitas Singapura didukung oleh Five Power Defence Arrangements, sementara Singapura melatih angkatan bersenjatanya di Australia dalam skala yang tak tertandingi dan terus berkembang, dan membayar Canberra untuk hak istimewa tersebut. Singapura mendapatkan sumber energi, makanan, dan komoditas vital lainnya dalam jumlah besar dari Australia, dan membalasnya sebagai pengekspor bahan bakar olahan dan gerbang ekonomi bagi bisnis Australia.

"Australia dan Singapura lebih saling terkait secara interpersonal daripada banyak mitra regional. Dekat tetapi tidak ada yang salah, kawan," ujar Graham.

4. Taiwan

Taiwan dan Singapura pernah menikmati hubungan antarpemerintah yang sangat dekat. Singapura mempertahankan hubungan pelatihan militer yang rahasia melalui Program Starlight. Namun, bintang Taiwan di Singapura mulai memudar, kalah bersinar dalam status internasional oleh Tiongkok yang sedang naik daun yang ingin melampaui Taipei.

5. Inggris

Bagaimana dengan teman-teman istimewa di tempat yang jauh? Singapura lebih menghargai warisan Inggrisnya daripada banyak negara Persemakmuran, meskipun Inggris memiliki sejarah yang tidak mulus sebagai mantan penjamin keamanan pulau itu. Namun, hanya sejauh ini. Jerman mungkin adalah mitra ekonomi dan pemasok pertahanan Eropa favorit Singapura. Namun, jaraknya terlalu jauh untuk memenangkan penghargaan sebagai mitra pilihan negara kota tersebut.

6. Israel



Foto/AP

Israel dapat dianggap sebagai pesaing jangka panjang. Sejak merdeka, pada tahun 1965, Singapura dengan tekun memodelkan strategi pertahanannya berdasarkan pengalaman Israel.

"Para penasihat pertahanan Israel terbang ke Singapura dengan kedok sebagai 'orang Meksiko', sementara awak tank Singapura berlatih secara rahasia di gurun Negev," ungkap Graham.

Namun, Wong juga tidak menggambarkan Israel. Ia juga tidak menggambarkan Jepang, India, Korea Selatan, atau bahkan Selandia Baru—betapa pun populernya orang Kiwi di 'Titik Merah'.

7. Brunei

Yang tersisa adalah sesama anggota ASEAN Singapura. Jelas bukan Malaysia. Ikatan antarkeluarga di sana terlalu dekat untuk membuat nyaman. Begitu pula, Indonesia hanya sepelemparan batu. Terlalu banyak beban tetangga dan kedekatan yang merepotkan dari kedua negara ini sehingga kepercayaan sejati tidak dapat berkembang. Mungkin Thailand, atau Vietnam? Tidak ada peluang di sana.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More