Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Rabu, 18 September 2024 - 19:45 WIB
Israel dan Hizbullah telah terlibat dalam baku tembak yang sebagian besar terjadi di perbatasan Lebanon-Israel sejak 8 Oktober, sehari setelah serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel menewaskan 1.139 orang, menyebabkan sekitar 240 orang ditawan, dan memicu perang Israel di Gaza.

Baru-baru ini, politisi dan media Israel semakin banyak membicarakan aksi militer terhadap Lebanon untuk mengusir Hizbullah dari perbatasan agar sekitar 60.000 warga Israel yang dievakuasi tepat setelah serangan dimulai dapat kembali.

"Kami menganggap musuh Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas agresi kriminal ini," kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa Israel "tentu akan menerima hukuman yang setimpal atas agresi penuh dosa ini".

Meskipun ada kecaman serupa dari Menteri Informasi Lebanon Ziad Makary, Israel sendiri – sesuai dengan situasi sebelumnya – tetap bungkam.

4. Hamas Memiliki Sistem Teknologi Lebih Canggih



Foto/AP

Menurut Hamze Attar, analis pertahanan yang berkantor di Luxemburg, “Mereka tidak dapat menggunakan metode yang sama di Gaza karena Hamas sangat peka terhadap dunia maya dibandingkan dengan Hizbullah.

“Mereka sangat mampu dalam hal telekomunikasi,” katanya tentang Hamas, menekankan upaya yang dilakukan kelompok tersebut untuk mengenkripsi komunikasi.

“Mereka tidak menggunakan telepon atau ponsel. Mereka memiliki jaringan dan internet serta komunikasi mereka sendiri dan tidak memerlukan apa pun di atas tanah,” katanya.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More