Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Rabu, 18 September 2024 - 19:45 WIB

5. Sistem Komunikasi Pager Diretas oleh Israel



Foto/AP

Beberapa spekulasi telah difokuskan pada jaringan radio yang diandalkan oleh pager, yang menunjukkan bahwa jaringan itu mungkin telah diretas, yang menyebabkan sistem memancarkan sinyal yang memicu respons dalam pager yang telah direkayasa.

“Menurut saya yang terjadi [adalah] setiap [anggota] Hizbullah yang berada pada level tertentu diserang,” analis data Ralph Baydoun mengatakan kepada Al Jazeera.

Ia juga menyarankan bahwa Israel tidak perlu mengetahui nama siapa pun yang menerima sinyal rusak tersebut, tetapi dapat mengumpulkan informasi intelijen yang berharga setelah ledakan.

“Jika mereka menyalakan satelit, … mereka akan mengetahui nama dan lokasi semua operator yang diserang … segera saat [mereka meminta] bantuan. Mereka akan mengungkapkan [lokasi] mereka,” spekulasinya.

Analis lain, seperti mantan perwira tentara Inggris dan ahli senjata kimia Hamish de Bretton-Gordon, menyarankan bahwa pager Hizbullah mungkin telah dirusak di sepanjang rantai pasokan dan “dipasang kabel untuk meledak sesuai perintah”.

6. Baterai Litium Pager Meledak karena Terlalu Panas



Foto/AP

Baiklah, tetapi bagaimana pager bisa meledak? Jika baterai litium pager dipicu menjadi terlalu panas, ini akan memicu proses yang disebut thermal runaway.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More