7 Fakta #BlockTheBoat, Gerakan untuk Stop Kapal Kargo yang Bawa Bahan Peledak ke Tel Aviv

Sabtu, 14 September 2024 - 23:55 WIB
Menteri Kehakiman Namibia Yvonne Dausab mengatakan bahwa keputusan ini “mematuhi kewajiban kami untuk tidak mendukung atau terlibat dalam kejahatan perang Israel, kejahatan terhadap kemanusiaan, genosida, serta pendudukan ilegalnya di Palestina.”

Setelah hampir seminggu tidak bergerak di lepas pantai Namibia, MV Kathrin harus mengubah arah dan menuju perairan Angola pada tanggal 31 Agustus.

Putusan baru oleh Mahkamah Internasional telah memberikan dorongan baru untuk pertempuran hukum melawan Israel dan kampanye genosidanya di Jalur Gaza yang terkepung, kata seorang pengacara Prancis. Pada waktu yang hampir bersamaan, BNC mengirimkan permohonan kepada Angola untuk mengikuti contoh Namibia, dengan tidak membiarkan Kathrin berlabuh atau menyita perlengkapan militer yang ditujukan untuk Israel.

Francesca Albanese, Pelapor Khusus PBB untuk wilayah Palestina yang diduduki, juga mendesak Angola untuk tidak membiarkan Kathrin berlabuh.

“Ini mungkin merupakan pelanggaran Konvensi Genosida. Pengingat penting: Setiap pemindahan militer ke Israel, yang menurut ICJ mungkin merupakan tindakan genosida, merupakan pelanggaran terhadap Konvensi Genosida dan resolusi HRC 55/L.30 yang mengamanatkan embargo senjata terhadap Israel,” katanya.

MV Kathrin juga menunggu selama lebih dari seminggu di lepas pantai Angola, namun, pada tanggal 5 September dipastikan bahwa Kathrin harus mengubah rute dan menjadwalkan Bar (Montenegro) sebagai pelabuhan tujuan berikutnya.

BDS dalam seruannya untuk memblokir Kathrin memperingatkan pemerintah yang bersangkutan bahwa Partisipasi dalam transfer senjata ke Israel sama dengan "keterlibatan dalam genosida, kejahatan kemanusiaan, dan kejahatan perang."

BDS menyoroti bahwa sejak ICJ memutuskan pada bulan Januari bahwa Israel "masuk akal" melakukan genosida, menahan diri dari memainkan peran langsung atau tidak langsung dalam mempersenjatai Israel selama pembantaian genosida di Gaza adalah "tugas hukum bagi semua negara."

"Bersama-sama, kita dapat memblokir kapal dan menghentikan kargo mematikan dari memberi makan pembantaian Israel yang tak terkatakan," kata BDS.

7. Malaysia Ikut Bergerak

Pada hari Jumat, Malaysia juga bergabung dengan upaya global untuk menghentikan kargo MV Kathrin.

Aktivis BDS Malaysia mengajukan laporan polisi di Kantor Polisi Sentul mengenai keterlibatan United O7 Asia Sdn Bhd dengan sebuah kapal, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh BDS Malaysia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More