9 Perang Paling Mematikan, Salah Satunya Konflik Kongo yang Mewaskan 3 Juta Orang

Kamis, 12 September 2024 - 18:25 WIB
Baru pada tahun 2008 pasukan penjaga perdamaian gabungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Uni Afrika mampu memulihkan ketertiban di wilayah tersebut. Pada tanggal 4 Maret 2009, Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Bashir—pertama kalinya ICC meminta penangkapan kepala negara yang sedang menjabat—dengan tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Penyelidikan tersebut ditangguhkan pada bulan Desember 2014 karena kurangnya kerja sama dari Dewan Keamanan PBB.

4. Perang Irak (85.000 Orang Tewas)

Pejabat neokonservatif dalam pemerintahan Presiden AS George W. Bush telah berupaya menggulingkan rezim Presiden Irak Saddam Hussein sebelum peristiwa 11 September 2001, tetapi serangan teroris paling mematikan dalam sejarah AS akan memberikan (setidaknya sebagian) alasan untuk memulai Perang Irak.

Mengutip hubungan antara rezim Irak dan al-Qaeda serta keberadaan senjata pemusnah massal di Irak—kedua klaim yang akhirnya terbukti salah—AS mengumpulkan "koalisi yang bersedia" dan melancarkan serangan ke Irak pada tanggal 20 Maret 2003. Perang berikutnya berlangsung dalam dua fase yang berbeda: perang konvensional sepihak yang singkat, di mana pasukan koalisi menderita kurang dari 200 korban jiwa hanya dalam waktu satu bulan operasi tempur besar, dan pemberontakan yang berlanjut selama bertahun-tahun dan menelan puluhan ribu nyawa.

Pada saat pasukan tempur AS ditarik pada bulan Agustus 2010, lebih dari 4.700 pasukan koalisi telah tewas; setidaknya 85.000 warga sipil Irak juga tewas, tetapi beberapa perkiraan menyebutkan jumlah itu jauh lebih tinggi. Kekerasan sektarian yang melanda negara itu setelah penggulingan rezim Ba'ath Hussein memunculkan Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL; juga disebut ISIS), kelompok Sunni yang berusaha mendirikan kekhalifahan di Irak dan Suriah. Antara tahun 2013 dan akhir tahun 2016, lebih dari 50.000 warga sipil tambahan dibunuh oleh ISIL atau tewas dalam bentrokan antara ISIL dan pasukan pemerintah Irak.

5. Perang Afghanistan (61.000 Orang Tewas)



Foto/AP

Dalam beberapa minggu setelah serangan 11 September 2001, Amerika Serikat mulai melakukan serangan udara terhadap rezim Taliban di Afghanistan. Taliban, sebuah faksi Islam ultrakonservatif yang merebut kekuasaan dalam kekosongan yang ditinggalkan setelah penarikan Soviet dari Afghanistan, menyediakan tempat berlindung yang aman bagi al-Qaeda dan pemimpinnya, Osama bin Laden.

Perang di Afghanistan, untuk sementara waktu, menjadi manifestasi paling jelas dari "perang melawan terorisme" yang dipimpin AS. Pada bulan Desember 2001, Taliban telah dipaksa turun dari kekuasaan, tetapi Taliban Afghanistan dan mitranya dari Pakistan akan mendapatkan kembali kekuatan di wilayah suku yang membentang di perbatasan kedua negara tersebut.

Dengan merevisi taktiknya untuk mencerminkan taktik yang digunakan oleh pemberontak di Irak, Taliban mulai menggunakan alat peledak rakitan (IED) pada target militer dan sipil, yang memberikan dampak yang besar. Taliban meningkatkan penanaman opium di wilayah yang dikuasainya, dan perdagangan opium internasional mendanai sebagian besar kegiatan militer dan terorisnya.

Antara tahun 2001 dan 2016 diperkirakan 30.000 tentara dan polisi Afghanistan serta 31.000 warga sipil Afghanistan tewas. Lebih dari 3.500 tentara dari koalisi yang dipimpin NATO tewas selama waktu itu, dan 29 negara termasuk di antara yang tewas. Selain itu, sekitar 30.000 pasukan pemerintah Pakistan dan warga sipil tewas oleh Taliban Pakistan.



6. Perang Melawan Boko Haram (11.000 Orang Tewas)

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More