Siapa Pemenang Debat Calon Presiden AS antara Kamala Harris dan Donald Trump?

Rabu, 11 September 2024 - 23:55 WIB
Seperti yang pernah dilakukannya di masa lalu, Trump menjauhkan diri dari proyek tersebut dan membela rencana tarifnya, dengan mencatat bahwa pemerintahan Biden telah mempertahankan banyak tarif pada masa jabatan pertamanya sebagai presiden. Itu adalah poin yang valid, tetapi hal itu mencegahnya untuk menyerang wakil presiden tersebut mengenai inflasi dan harga konsumen.

Mengenai aborsi, Trump membela penanganannya terhadap isu tersebut, dengan mengatakan bahwa warga Amerika dari berbagai kalangan menginginkan perlindungan aborsi Roe v Wade dibatalkan oleh Mahkamah Agung – sebuah pernyataan yang tidak didukung oleh jajak pendapat. Ia berjuang untuk menjelaskan posisinya dengan jelas dan jawabannya terkadang bertele-tele.

5. Harris Mampu Mengambil Hati Rakyat AS



Foto/AP

Sementara itu, Harris mengambil kesempatan untuk menyampaikan permohonan pribadi yang penuh semangat kepada keluarga yang menghadapi komplikasi kehamilan yang parah dan tidak dapat menerima perawatan aborsi di negara bagian yang telah melarang prosedur tersebut – negara bagian dengan “larangan aborsi Trump”, begitu ia menyebutnya.

“Itu menghina wanita Amerika,” simpulnya.

Itu adalah pesan yang dimodulasi dengan hati-hati di area di mana ia memiliki keunggulan dua digit atas Trump.

Sekali lagi, mantan presiden itu terpancing. Alih-alih mengkritik wakil presiden atas pandangannya yang berubah-ubah – yang merupakan kelemahan yang jelas – ia membuka tanggapannya dengan membicarakan tentang "sebagian kecil" uang yang diambilnya dari ayahnya. Mengenai penarikan pasukan dari Afghanistan, titik lemah Harris lainnya, wakil presiden mengalihkan pembicaraan ke negosiasi Trump dengan pejabat Taliban dan mengundang mereka ke Camp David.

Itu adalah pola yang berulang kali terjadi dan terbukti sangat efektif. Partai Republik sudah mengeluhkan apa yang mereka sebut sebagai favoritisme yang ditunjukkan moderator ABC, David Muir dan Linsey Davis, terhadap Harris. Keduanya menolak dan memeriksa fakta pernyataan yang dibuat oleh Trump pada beberapa kesempatan. Namun, pada akhirnya, tanggapan Trump dan keinginannya untuk menerima dan melahap umpan apa pun yang diberikan Harris kepadanyalah yang menjadi cerita malam itu.

6. Permainan Mimik Wajah sebagai Bentuk Ejekan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More