6 Negara dan Wilayah yang Paling Ditakuti Israel

Rabu, 28 Agustus 2024 - 13:30 WIB
loading...
6 Negara dan Wilayah...
Pendukung Houthi menghadiri unjuk rasa anti-Israel dan anti-AS di Sanaa, Yaman, 23 Agustus 2024. Foto/AP/Osamah Abdulrahman
A A A
TEL AVIV - Saat genosida Israel di Gaza terus berlangsung sejak Oktober 2023, kekhawatiran akan eskalasi regional meningkat.

Perang melawan Israel tidak hanya dilakukan pejuang Perlawanan Palestina. Sejumlah kelompok dari negara lain juga turut menyerang rezim kolonial Zionis.

Januari lalu, Iran melancarkan serangan di Suriah dan Irak setelah anggota pasukan elitnya tewas di ibu kota Suriah, Damaskus, yang diduga dalam serangan Israel.

Adapun Amerika Serikat (AS) bersama Inggris telah melakukan beberapa serangan terhadap Houthi di Yaman.

Puluhan ribu orang telah mengungsi di Lebanon dan Israel karena baku tembak antara pasukan Israel dan pejuang Hizbullah di perbatasan mereka.

Negara dan Wilayah yang Paling Ditakuti Israel


Dengan pertempuran yang meluas, berikut ini negara dan wilayah yang ditakuti Israel:

1. Yaman dan Laut Merah


Kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman telah menargetkan kapal-kapal komersial dan militer yang terkait dengan Israel di Laut Merah sebagai tanggapan atas perang Israel di Gaza.

Pejabat Houthi telah menuntut agar Israel menghentikan perang dan mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki daerah kantong Palestina tersebut.

Serangan pertama kelompok tersebut terjadi pada 19 November 2023, saat mereka mengambil alih kapal kargo bernama Galaxy Leader, yang menurut catatan dimiliki seorang pengusaha Israel.

Penargetan kapal komersial oleh Houthi telah mendorong banyak perusahaan pelayaran untuk menghentikan operasi di Laut Merah, dan memulai perjalanan yang lebih jauh dan lebih mahal di sekitar benua Afrika.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)