Politikus Muslimah AS Ilhan Omar Menang dalam Pemilih Pendahuluan di Minnesota

Rabu, 14 Agustus 2024 - 22:15 WIB
Ilhan Omar, politikus Muslimah AS memenangkan pemilihan pendahuluan di Minnesota. Foto/AP
WASHINGTON - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Ilhan Omar, salah satu anggota DPR progresif yang dikenal sebagai "Squad" dan pengkritik tajam cara Israel melancarkan perang di Gaza, telah memenangkan pemilihan pendahuluannya di Minnesota.

Omar berhasil mempertahankan kursinya di Distrik 5 wilayah Minneapolis dari tantangan berulang dari mantan anggota Dewan Kota Minneapolis Don Samuels, seorang liberal yang lebih beraliran tengah yang hanya dikalahkannya dengan selisih tipis dalam pemilihan pendahuluan 2022.

Berbicara kepada para pendukung di Minneapolis, Omar menggaungkan beberapa tema kampanye presiden Harris-Walz.



"Kami menjalankan politik kegembiraan," katanya, dilansir AP. "Karena kami tahu bahwa memperjuangkan tetangga Anda adalah hal yang menyenangkan. ... Kami tahu bahwa memastikan perumahan adalah hak asasi manusia adalah hal yang menyenangkan. Kami tahu bahwa memperjuangkan perawatan kesehatan sebagai hak asasi manusia adalah hal yang menyenangkan. Kami tahu bahwa ingin hidup di dunia yang damai dan adil adalah hal yang menyenangkan.”

Omar terhindar dari nasib dua anggota Squad lainnya. Anggota DPR Cori Bush kalah dalam nominasi Demokrat di distrik Missouri minggu lalu, dan Anggota DPR Jamaal Bowman dari New York kalah dalam pemilihan pendahuluan bulan Juni. Keduanya menghadapi penantang yang memiliki dana besar dan pengeluaran jutaan dolar oleh United Democracy Project, sebuah komite aksi politik super yang berafiliasi dengan American Israel Public Affairs Committee, yang tampaknya tidak ikut serta dalam pemilihan di Minnesota.

Samuels mengkritik kecaman Omar atas penanganan pemerintah Israel terhadap perang Israel-Hamas. Sementara Omar juga mengkritik Hamas karena menyerang Israel dan menyandera orang, Samuels mengatakan Hamas berat sebelah dan suka memecah belah. Ia juga menekankan masalah keselamatan publik di Minneapolis, tempat seorang mantan polisi membunuh George Floyd pada tahun 2020.

Samuels mengatakan ia "sangat kecewa" dengan kekalahannya.

"Yang saya harapkan adalah permainan lapangan yang kuat dan perhatian terhadap detail orang-orang yang merasa terabaikan akan mengalahkan keunggulan luar biasa dalam hal uang," katanya dalam sebuah wawancara. "Jelas uang sedikit lebih penting dalam politik daripada yang saya harapkan."

Omar melaporkan telah mengumpulkan sekitar USD6,2 juta. Samuels mengumpulkan sekitar USD1,4 juta.

Omar akan menghadapi Dalia Al-Aqidi dari Partai Republik, seorang jurnalis Irak-Amerika dan seorang Muslim sekuler yang menyebut dirinya sendiri sebagai pro-Hamas.

Sementara itu, populis konservatif dan mantan pemain NBA Royce White mengalahkan veteran Angkatan Laut Joe Fraser dalam pemilihan pendahuluan Minnesota untuk nominasi Partai Republik guna menantang Senator Demokrat AS Amy Klobuchar pada bulan November.

Dan mantan jaksa federal Joe Teirab, yang didukung oleh mantan Presiden Donald Trump, Ketua DPR Mike Johnson, dan Komite Kongres Nasional Republik, memenangkan pemilihan pendahuluan GOP yang diperebutkan untuk kursi Distrik ke-2 Minnesota yang dipegang oleh Perwakilan Demokrat Angie Craig.

Lawannya, pengacara pembela Tayler Rahm, memenangkan dukungan di konvensi distrik dengan dukungan dari kaum konservatif akar rumput.

Sementara Rahm mengumumkan pada bulan Juli bahwa ia menangguhkan kampanyenya dan sebagai gantinya akan menjabat sebagai penasihat senior untuk kampanye Trump di Minnesota, ia tetap berada dalam surat suara.

Teirab akan menghadapi Craig dalam apa yang diharapkan menjadi pemilihan DPR paling kompetitif di Minnesota pada bulan November.

"Hasil definitif malam ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa Partai Republik bersatu dan siap untuk perubahan," kata Teirab dalam sebuah pernyataan. "Kami siap mendukung kandidat yang akan memperkuat ekonomi kita, mengamankan perbatasan, dan memulihkan keamanan di komunitas kita."

"Ia adalah orang yang telah menghabiskan waktu berbulan-bulan melakukan apa saja untuk mendapatkan dukungan dari Partai Republik Washington," kata Craig. "Dan ia adalah orang yang telah menjadikan misi hidupnya untuk mencabut kebebasan reproduksi dari keluarga dan menyerahkan keputusan tersebut kepada politisi."

Dalam pemilihan Senat AS, White — sekutu mantan ajudan Trump yang dipenjara Steve Bannon dan ahli teori konspirasi Alex Jones — mengejutkan banyak pengamat politik ketika ia mengalahkan Fraser di konvensi partai untuk mendapatkan dukungan GOP.

Komentar White di media sosial telah dikecam sebagai misoginis, homofobik, antisemit, dan tidak senonoh. Masalah hukum dan keuangannya meliputi tunjangan anak yang belum dibayar dan pengeluaran kampanye yang dipertanyakan, termasuk USD1.200 yang dihabiskan di sebuah klub striptis di Florida setelah ia kalah dalam tantangan utamanya melawan Omar pada tahun 2022. Ia berpendapat bahwa, sebagai seorang pria kulit hitam, ia dapat memperluas basis partai dengan menarik pemilih kulit berwarna di wilayah Minneapolis-St. Paul dan orang lain yang kecewa dengan politik yang mapan.

Setelah kemenangannya, White mengatakan dalam sebuah posting di platform sosial X: "Ayo, kaum komunis... Rakyat Datang."

Para pemimpin Demokrat mengecamnya sebagai seorang ekstremis sayap kanan.



"Sementara bahasa dan kebijakan Royce White berusaha memecah belah warga Minnesota, Senator Amy Klobuchar berfokus pada upaya menyatukan orang-orang untuk menyelesaikan berbagai hal, dan dia secara konsisten dinilai sebagai salah satu legislator paling bipartisan dan efektif di Senat," kata Ken Martin, ketua Partai Demokrat negara bagian, dalam sebuah pernyataan. "Pilihan pada bulan November ini sudah sangat jelas."

Fraser mengatakan sebelumnya bahwa gaya dan pesan White yang konfrontatif tidak akan menarik kaum moderat dan independen yang dibutuhkan untuk menantang Klobuchar, yang sedang mencari masa jabatan keempat. Dia mengatakan bahwa dia menawarkan pendekatan yang lebih umum, dengan menekankan konservatisme fiskal, pertahanan yang kuat, kepemimpinan dunia, dan pemerintahan yang kecil.

Fraser juga menyoroti 26 tahun pengalamannya di Angkatan Laut, di mana dia menjadi perwira intelijen dan bertugas dalam misi tempur di Irak. Keduanya tidak memiliki sumber daya sebanyak Klobuchar. White terakhir melaporkan telah mengumpulkan USD133.000, sementara Fraser menerima USD68.000. Sementara itu, Klobuchar telah mengumpulkan sekitar USD19 juta pada siklus ini dan memiliki lebih dari USD6 juta yang tersedia untuk dibelanjakan pada kampanye pemilihan umum. Ia hanya menghadapi oposisi primer nominal.

Bentrokan lain antara kaum Republikan yang mapan dan akar rumput terjadi di Distrik ke-7 Minnesota bagian barat. Anggota DPR GOP yang didukung Trump, Michelle Fischbach, yang dianggap sebagai salah satu anggota Kongres yang paling konservatif, mengalahkan pengusaha kecil Steve Boyd. Boyd mencalonkan diri ke kanan dengan platform keagamaan dan menghalanginya untuk mendapatkan dukungan di konvensi distrik. Boyd melaporkan telah menghabiskan USD170.000, sementara Fischbach menghabiskan lebih dari USD1 juta.

Di antara pemilihan pendahuluan legislatif pada hari Selasa, Demokrat memilih mantan Senator negara bagian Ann Johnson Stewart untuk menghadapi Kathleen Fowke dari Partai Republik dalam perlombaan berisiko tinggi yang akan menentukan tidak hanya partai mana yang mengendalikan Senat negara bagian, tetapi juga apakah Demokrat mempertahankan kendali "trifecta" mereka yang sempit atas kedua kamar dan kantor gubernur.

Demokrat menggunakan kekuasaan itu untuk meloloskan agenda ambisius selama dua tahun terakhir yang membantu menempatkan Gubernur Tim Walz di radar Wakil Presiden Kamala Harris sebelum ia memilihnya sebagai calon wakil presiden.

Itu akan menjadi satu-satunya kursi Senat negara bagian dalam pemungutan suara November. Kursi di pinggiran barat Minneapolis telah dipegang oleh Demokrat Kelly Morrison, yang akan menghadapi Republikan Tad Jude untuk kursi Distrik Kongres ke-3 Minnesota.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More