Giliran AS Khawatir Iran Serang Israel Paling Cepat Minggu Ini

Selasa, 13 Agustus 2024 - 07:25 WIB
Para pejabat AS telah bersiap menghadapi pembalasan yang lebih cepat, yang mungkin melibatkan roket, rudal, atau pesawat nirawak, yang akan terjadi paling cepat pada akhir pekan tanggal 4 Agustus.

Namun, penilaian tersebut kemudian diperbarui minggu lalu dengan prediksi bahwa Iran atau Hizbullah mungkin akan melancarkan serangan pada hari Kamis atau Jumat.

Di tengah upaya meyakinkan atau menekan Iran untuk memikirkan kembali serangan mereka atau akhirnya membatalkan rencana untuk melakukannya, AS telah mengirim aset dan pasukan militer tambahan ke Timur Tengah.

Sebagian dari langkah tersebut adalah untuk menghalau Iran, Hizbullah, dan pihak lain setelah mereka bersumpah untuk membalas kematian dua tokoh Hizbullah dan Hamas.

Yang lainnya adalah agar dapat membantu Israel mempertahankan diri jika serangan ini melumpuhkan kemampuan pertahanan Israel, menurut para pejabat AS.

“Kami jelas tidak ingin melihat Israel harus mempertahankan diri dari serangan gencar lainnya seperti yang mereka lakukan pada bulan April. Namun, jika itu yang terjadi pada mereka, kami akan terus membantu mereka mempertahankan diri,” kata Kirby.

Dia merujuk pada tindakan balasan Iran pada bulan April terhadap Israel atas serangan mematikan terhadap fasilitas diplomatik di Suriah.



Berbeda dengan bulan April, ketika Teheran memberikan pemberitahuan selama berjam-jam kepada masyarakat internasional tentang peluncuran ratusan rudal dan pesawat nirawak, Iran tidak banyak memberi tahu waktu atau jenis tindakan balasan yang diantisipasi kali ini.

Tidak jelas pula apakah yang disebut sebagai "Poros Perlawanan" akan melakukan operasi terkoordinasi atau melakukan tanggapan terpisah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More