Siapa Yahya Sinwar? Penerus Ismail Haniyeh yang Pandai Bahasa Ibrani dan Paham A hingga Z tentang Israel

Rabu, 07 Agustus 2024 - 16:16 WIB
Setelah dibebaskan, Sinwar dengan cepat naik pangkat di Hamas lagi. Pada tahun 2012, ia terpilih menjadi biro politik kelompok tersebut dan ditugaskan untuk berkoordinasi dengan Brigade Qassam.

Ia memainkan peran politik dan militer utama selama serangan Israel selama tujuh minggu terhadap Gaza pada tahun 2014. Tahun berikutnya, Amerika Serikat melabeli Sinwar sebagai "teroris global yang ditunjuk secara khusus".

5. Berjuang dengan Cara Hamas Miliki



Foto/EPA

Pada tahun 2017, Sinwar menjadi kepala Hamas di Gaza, menggantikan Haniyeh, yang terpilih sebagai ketua biro politik kelompok tersebut.

Tidak seperti Haniyeh, yang telah melakukan perjalanan ke berbagai daerah dan menyampaikan pidato selama perang yang terus berlanjut di Gaza, hingga pembunuhannya, Sinwar telah bungkam sejak 7 Oktober.

Namun dalam wawancara tahun 2021dengan Vice News, Sinwar mengatakan bahwa meskipun Palestina tidak menginginkan perang karena biayanya yang tinggi, mereka tidak akan "mengibarkan bendera putih".

"Selama kurun waktu yang lama, kami mencoba perlawanan yang damai dan populer. Kami berharap bahwa dunia, orang-orang bebas, dan organisasi internasional akan mendukung rakyat kami dan menghentikan pendudukan dari melakukan kejahatan dan pembantaian rakyat kami. Sayangnya, dunia hanya berdiri dan menonton," katanya.

Sinwar kemungkinan menggambarkan Great March of Return, di mana warga Palestina memprotes setiap minggu selama berbulan-bulan di perbatasan Gaza pada tahun 2018 dan 2019, tetapi menghadapi tindakan keras Israel yang menewaskan lebih dari 220 orang dan melukai lebih banyak lagi.

Ketika ditanya tentang taktik Hamas, termasuk menembakkan roket tanpa pandang bulu yang dapat membahayakan warga sipil, Sinwar mengatakan warga Palestina berjuang dengan cara yang mereka miliki. Ia menuduh Israel dengan sengaja membunuh warga sipil Palestina secara massal, meskipun memiliki persenjataan canggih dan presisi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More