6 Kejanggalan Kematian Ismail Haniyeh, dari Ditembak di Luar Wisma hingga Keterlibatan Garda Revolusi

Senin, 05 Agustus 2024 - 16:15 WIB
Mossad dan pembangkang Iran digunakan untuk mendapatkan informasi di lapangan, tambahnya. "Cara dia terbunuh hampir tidak relevan karena intelijen yang memandunya."

6. Iran Akan Melancarkan Serangan Balasan



Foto/EPA

Terlepas dari cara kematian Haniyeh, baik Iran maupun Hamas telah bersumpah untuk membalas. IRGC mengatakan pada hari Sabtu bahwa Israel akan menerima "hukuman berat pada waktu, tempat, dan cara yang tepat".

Hizbullah, milisi dan kelompok politik yang didukung Iran di Lebanon, juga telah bersumpah untuk melakukan pembalasan. Salah satu komandan utama mereka, Fuad Shukr, tewas dalam serangan Israel Selasa lalu. Setelah operasi Israel menewaskan Brigjen IRGC Mohammad Reza Zahedi di Damaskus awal tahun ini, Iran menembakkan 170 pesawat nirawak, 30 rudal jelajah, dan sedikitnya 110 rudal balistik ke Israel.

Hamas 'terkejut' atas kematian Haniyeh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah memperingatkan warga Israel bahwa "hari-hari yang penuh tantangan akan segera tiba... Kami telah mendengar ancaman dari semua pihak. Kami siap menghadapi skenario apa pun".

Para menterinya dipulangkan akhir pekan ini dengan telepon satelit jika terjadi serangan terhadap infrastruktur komunikasi negara tersebut. Meskipun ada peringatan dari pemerintah, suasana tampak santai di tepi laut Tel Aviv, dengan tubuh-tubuh kecokelatan bermalas-malasan di bawah payung pantai.

Namun, hanya sedikit yang meragukan bahwa Timur Tengah berada dalam bahaya perang skala penuh. Israel dalam keadaan siaga tinggi dan beberapa maskapai penerbangan internasional telah menangguhkan penerbangan ke negara tersebut. AS juga telah mengerahkan kapal perang dan jet tempur tambahan ke Timur Tengah untuk membantu mempertahankan Israel dari kemungkinan serangan oleh Iran dan proksinya, kata Pentagon.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More