Bagaimana Cara Houthi Meledakkan Kapal Induk AS?

Senin, 05 Agustus 2024 - 11:11 WIB
Foto/EPA

Rudal pencari panas berpemandu inframerah AIM-9X Sidewinder seharga USD430.800 hingga USD472.000 yang digunakan untuk menargetkan drone dan rudal milik Houthi seharga USD2.000 hingga USD20.000 telah “terbukti cukup efektif”.

“Rudal dan pesawat nirawak Houthi kemungkinan tidak menimbulkan ancaman eksistensial bagi Eisenhower, tetapi benih keraguan telah tertanam,” saran jurnalis tersebut, dilansir Sputnik.

Kass mengungkap spekulasi terbaru di media Barat tentang apakah Houthi memiliki sarana untuk menghancurkan kapal induk super Amerika. Bulan lalu, kontributor Forbes David Hambling mendesak para pengamat yang sombong untuk tidak terlalu sombong dan “mencermati fakta sebelum mengabaikan ancaman tersebut.”



3. Membutuhkan Sedikitnya 12 Rudal untuk Menghancurkan Kapal Induk



Foto/EPA

Menunjuk pada analisis Soviet dan Rusia yang menunjukkan bahwa dibutuhkan antara 12 dan 20+ rudal untuk menghancurkan kapal induk AS, dan perhitungan berdasarkan bobot kapal kelas Nimitz sebesar 88.000 metrik ton yang membutuhkan antara lima dan 100 hulu ledak untuk melakukannya.

Hambling memperingatkan bahwa "sejarah menceritakan kisah yang berbeda," dan bahwa serangan yang beruntung yang memicu kebakaran dan ledakan di atas kapal "tidak memerlukan sejumlah besar bahan peledak" untuk melakukannya.

Pengamat tersebut mengingat bahwa hanya satu dari lima kapal induk besar yang hilang oleh AS dalam Perang Dunia II yang tenggelam sepenuhnya, dan menunjukkan bahwa kapal perusak HMS Sheffield yang tenggelam saat ditarik selama Perang Falklands 1982 hilang karena rudal Argentina yang tidak meledak, tetapi berhasil memicu kebakaran, yang memicu persediaan amunisi di dalamnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More