Bagaimana Cara Houthi Meledakkan Kapal Induk AS?

Senin, 05 Agustus 2024 - 11:11 WIB
Houthi sudah memiliki strategi untuk menghancurkan kapal induk AS. Foto/EPA
WASHINGTON - Ancaman Houthi terhadap Israel dan AS semakin keras dalam dua minggu terakhir setelah serangan Israel di pelabuhan Yaman, Hodeidah, dan terbunuhnya kepala negosiator Hamas di Teheran.

Kelompok pejuang Syiah tersebut telah terbukti lebih dari mampu untuk menegakkan semi-blokade Laut Merah, dan mungkin hanya perlu satu serangan beruntung untuk menenggelamkan kapal perang AS yang besar.

Bagaimana Cara Houthi Meledakkan Kapal Induk AS?

1. Houthi Terus Mengeksplorasi Kelemahan Kapal Induk AS





Foto/EPA

Media AS telah memperingatkan tentang prospek yang "mengkhawatirkan" dari kapal induk super kelas Nimitz senilai miliaran dolar yang akan terancam oleh musuh Houthi yang secara teknis "tidak canggih".

"Meskipun kapal induk tersebut memiliki pertahanan yang tangguh dan teknologi canggih, gangguan Houthi yang terus-menerus telah memicu perdebatan tentang kerentanan kapal-kapal tersebut dalam lingkungan pertempuran modern, terutama ketika menghadapi ancaman tidak konvensional dari aktor non-negara seperti Houthi," kontributor National Interest Harrison Kass menulis dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada Sabtu, dilansir Sputnik News.

"Kapal induk sangat mahal," pengamat tersebut menunjukkan, mengutip label harga kelas Nimitz sebesar USD7 miliar dolar per kapal, dan biaya kelas Ford yang lebih baru sebesar USD13 miliar per kapal. Itu belum termasuk awak kapal yang berjumlah 4.600-5.200 orang, atau pesawat yang mereka miliki, yang masing-masing menghabiskan biaya puluhan juta dolar.

Menurut Kass, kapal induk adalah alat politik kekuatan besar. Kapal induk adalah kota terapung yang mampu mengirimkan kekuatan udara ke seluruh dunia. Amerika membangun [armada] kapal induk mereka dengan mempertimbangkan kekuatan dunia seperti Rusia dan China. "Pemberontak Houthi, tidak demikian. Namun, Houthi tampaknya bertekad untuk mengganggu Eisenhower,” kenang Kass.

2. Menarget dengan Rudal Nirawak

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More