Pembunuhan Ismail Haniyeh Bukti Kegagalan Iran Melindungi Tamu Negara, Berikut 4 Faktanya

Rabu, 31 Juli 2024 - 17:10 WIB
Foto/EPA

Editor Pertahanan Al Jazeera Alex Gatopoulos mengatakan intelijen yang digunakan untuk menemukan dan membunuh Haniyeh "menunjukkan kemungkinan bantuan AS". Pembunuhan Haniyeh juga menunjukkan kegagalan intelijen Iran.

"Intelijen adalah kuncinya. Senjata apa pun di dunia ini hanya sebaik intelijen yang memandunya. Itu bisa seakurat yang diinginkannya," kata Gatopoulos.

Intelijen teknis akan memberikan lokasi, "sesuatu yang harus mereka tindak lanjuti dengan cepat... [AS] jelas memiliki sarana dan kemampuan untuk mengumpulkan intelijen semacam ini," katanya.

Mossad dan pembangkang Iran digunakan untuk mendapatkan informasi di lapangan, tambahnya. "Cara dia terbunuh hampir tidak relevan karena intelijen yang memandunya."



3. Ancaman Iran ke Israel untuk Menunjukkan Teheran Ikut Bertanggung Jawab



Foto/EPA

Abas Aslani, seorang peneliti di Pusat Studi Strategis Timur Tengah di Teheran, berbicara kepada Al Jazeera beberapa waktu lalu tentang implikasi keamanan bagi Iran setelah pembunuhan kepala politik Hamas, Haniyeh, di ibu kotanya.

"Apa yang terjadi di Teheran merupakan hal buruk bagi aparat keamanan Iran... dan itulah sebabnya Iran entah bagaimana merasa harus menanggapi ini," kata Aslani kepada Al Jazeera.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More