Rusia Klaim Negara ASEAN Tertarik dengan Proposal Keamanan Eurasia Baru

Sabtu, 27 Juli 2024 - 17:20 WIB
Dia mengatakan, topik tersebut sangat berisiko dan membutuhkan kontrol penuh yang konstan oleh IAEA, yang belum sepenuhnya siap bagi anggota AUKUS, tetapi kami juga berusaha memastikan bahwa Badan Tenaga Atom menggunakan kewenangannya secara maksimal, sehingga ada transparansi penuh.

"Namun, sejauh ini, kami belum terlalu berhasil melakukannya," katanya dalam konferensi pers tersebut.



Menteri luar negeri Rusia mencatat bahwa ia akan membahas manuver AS di sekitar Semenanjung Korea dengan mitranya dari Korea Selatan, Cho Tae-yul, di kemudian hari di Laos.

"Menteri luar negeri yang baru meminta pertemuan ini... Saya akan mendengarkannya, karena ia telah meminta pertemuan, ia mungkin memiliki sesuatu untuk dikatakan. Dari pihak saya, saya akan secara terbuka menyampaikan penilaian kami tentang situasi yang menyeret Seoul semakin dalam. Saya merujuk pertama dan terutama pada manuver Amerika di sekitar semenanjung Korea dengan tujuan mengisolasi dan menghukum DPRK," katanya.

Lavrov juga menyampaikan harapan bahwa anggota ASEAN akan menyadari bahaya yang mengintai dalam rencana AS untuk menyebarkan rudal jarak menengah dan pendek di kawasan Asia-Pasifik.

"Ketika Amerika Serikat menarik diri dari Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah, mereka mulai memproduksi rudal berbasis darat yang dilarang oleh perjanjian ini, dan informasi telah beredar tentang rencana mereka untuk menyebarkan rudal tersebut di Eropa dan kawasan Asia-Pasifik. Saya berharap negara-negara ASEAN menyadari betul bahaya yang ditimbulkan oleh rencana Washington," tegasnya.

Menteri Lavrov mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri China Wang Yi memberitahunya tentang pembicaraan dengan mitranya dari Ukraina, Dmitry Kuleba.

"Wang Yi memberi tahu kami bagaimana percakapannya dengan Kuleba berlangsung, dan kami merasa bahwa posisi Tiongkok tetap tidak berubah. Posisi Tiongkok, sekali lagi, adalah untuk fokus pada akar penyebab [konflik Ukraina]," kata Lavrov.

"Syarat dan ketentuan untuk menyelenggarakan acara ini dapat diterima oleh semua pihak. Dan hanya jika semua inisiatif yang tersedia dimasukkan dalam agenda. Ini adalah penolakan langsung untuk bekerja hanya berdasarkan formula perdamaian [Presiden Ukraina Volodymyr] Zelensky, yang merupakan jalan buntu, utopis, ilusi dan tidak akan pernah terwujud," katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More