Siapa yang Bisa Menyabotase Rel Kereta Cepat Prancis? Dari Rusia hingga Ekstrimis Sayap Kiri

Sabtu, 27 Juli 2024 - 22:20 WIB
Namun, siapa pun yang menargetkan jalur kereta api yang membentang dari Paris pada dini hari tanggal 26 Juli, jelas bahwa mereka mengincar Olimpiade.

Arteri TGV besar di utara, timur, dan barat semuanya tersumbat dan jalur berkecepatan tinggi di tenggara juga akan terhenti, jika saja kru teknisi yang waspada tidak sengaja melihat sekelompok penyabot di dalam "mobil van".

Pasukan regional mengumpulkan bukti di bawah komando keseluruhan polisi nasional, polisi nasional, serta SDAT antiteroris. Harapan terbesar mereka mungkin adalah melacak para penyabot yang gagal yang melarikan diri dari lokasi kejadian di dekat Vergigny, tampaknya meninggalkan alat pembakar mereka yang masih utuh. Sebelumnya telah terjadi serangan terhadap jalur kereta api Prancis, termasuk satu serangan pada Januari 2023 di sebelah timur Paris.

Insiden lain baru saja muncul pada awal Mei 2024, di jalur kereta cepat di selatan, tepat di luar Aix-en Provence.

Serangan itulah yang paling mirip dengan sabotase hari Jumat, karena dilaporkan terjadi pada hari api Olimpiade tiba dengan kapal di pelabuhan selatan Marseille. Sejauh ini tampaknya belum ada penangkapan yang dilakukan.

Meskipun itu adalah upaya yang gagal, yang dilaporkan melibatkan bom bensin darurat, dinas keamanan Prancis akan menyelidiki kemungkinan adanya hubungan dengan serangan itu.

2. Kelompok Teror ISIS



Foto/EPA

Awal tahun ini, menteri dalam negeri memperingatkan adanya ancaman "eksternal" yang sangat tinggi, yang berpotensi seperti serangan jihadis yang dilakukan di Balai Kota Crocus di Moskow pada bulan Maret.

Prancis telah menjadi korban dalam beberapa tahun terakhir dari gelombang serangan jihadis yang mematikan, tetapi tidak ada yang menyerupai tindakan sabotase yang dilakukan pada jaringan kereta api. Insiden hari Jumat menyebabkan kesengsaraan bagi ratusan ribu pelancong, tetapi tidak ada pertumpahan darah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More