5 Arah Kebijakan Donald Trump bagi Israel, Salah Satunya Pembangunan Pemukiman Yahudi di Gaza

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:35 WIB
Perdana Menteri Israel sering memuji Trump, menggambarkannya pada tahun 2020 sebagai “sahabat terbaik Israel yang pernah dimiliki di Gedung Putih”.

Trump sering kali membalas pujian tersebut. Pada tahun 2020, presiden AS saat itu menghadiahkan Netanyahu kunci emas seremonial ke Gedung Putih.

“Ini adalah kunci bagi negara dan hati kami. Dan Anda telah menjadi pemimpin yang luar biasa dalam jangka waktu yang lama,” kata Trump kepada Netanyahu.

PM Israel diperkirakan akan bertemu dengan Biden, dan secara terpisah, Wakil Presiden Kamala Harris, yang telah mengunci nominasi Partai Demokrat untuk pemilihan presiden bulan November setelah Biden mundur dari pencalonan. Harris, sebagai Wakil Presiden, merupakan pendukung kuat perang Israel di Gaza, namun menurut laporan, ia tidak akan memimpin sidang Kongres ketika Netanyahu berbicara.

2. Lobi Personal Netanyahu Akan Makin Efektif



Foto/EPA

Namun kubu Netanyahu telah berusaha mencairkan hubungan dengan Trump selama beberapa waktu. Axios melaporkan bahwa sekutu Netanyahu bahkan melakukan perjalanan ke Mar-a-Lago, kediaman Trump di Florida, untuk membaca bagian dari buku Netanyahu yang memuji mantan presiden tersebut.

Perdana Menteri Israel juga mengunggah video di media sosial yang membahas upaya pembunuhan terhadap Trump baru-baru ini.

“Seperti semua warga Israel, istri saya Sara dan saya terkejut dengan upaya pembunuhan mengerikan terhadap Presiden Donald Trump,” kata Netanyahu dalam pidato videonya. Trump kemudian mengunggah video tersebut di situs media sosialnya, Truth Social.

Bahkan tanpa Trump sebagai presiden, Israel telah menerima dukungan kuat dari AS. Pemerintahan Biden secara konsisten mendukung Israel dengan bantuan militer miliaran dolar sejak 7 Oktober, bahkan ketika jumlah korban tewas di Palestina mencapai 39.090 jiwa.

Berbagai media melaporkan bahwa Biden telah mengeluhkan Netanyahu secara pribadi, namun AS tidak pernah ragu dalam memberikan dukungan materialnya kepada Israel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More