5 Arah Kebijakan Donald Trump bagi Israel, Salah Satunya Pembangunan Pemukiman Yahudi di Gaza

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:35 WIB
“Sayap kanan menganggap hal ini tidak memberikan dukungan yang dibutuhkan Israel untuk menyelesaikan tugasnya [di Gaza],” katanya.

Sarah Leah Whitson, direktur Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang (DAWN), mengatakan Biden telah berusaha menyeimbangkan komitmennya terhadap Israel “dengan memberikan sedikit sanksi” terhadap kritik terhadap sekutu AS tersebut, seperti sanksi terhadap pemukim yang melakukan kekerasan.

“Saya pikir hal itu akan hilang jika Trump terpilih, dan pemerintahan Trump akan lebih sepenuh hati dan lebih terbuka memposisikan dirinya mendukung Israel,” kata Whitson kepada Al Jazeera.

Namun, dia menambahkan bahwa Trump akan mengambil “tangan yang lebih tegas” dalam menghukum Israel jika mereka menentang tuntutan AS – tidak seperti Biden yang gagal menegakkan peringatannya kepada pemerintah Israel agar tidak menyerang Rafah dan memblokir bantuan ke Gaza.

4. Trump Menghapus Sanksi AS Terhadap Pemukim Yahudi



Foto/EPA

Jika Trump berkuasa tahun depan, ada beberapa kebijakan yang diperkirakan akan diberlakukan atau dibatalkan oleh para analis. Meskipun pemerintahan Biden telah dikritik karena gagal meminta pertanggungjawaban Israel atas pelanggaran hukum internasional dan tingginya angka kematian warga sipil, mereka telah menerapkan sanksi terhadap beberapa pemukim dan organisasi pemukim di Tepi Barat yang diduduki.

Kekerasan di Tepi Barat semakin tidak terkendali sejak 7 Oktober. Sejak itu, pasukan dan pemukim Israel telah membunuh 513 orang di Tepi Barat, menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA). Selain itu, pada tanggal 4 Juli, Israel menyetujui perampasan tanah terbesar di Tepi Barat dalam 30 tahun, menurut Peace Now, sebuah badan pengawas anti-pemukiman.

Kritikus mengatakan sanksi Biden terhadap pemukim dan permukiman tidak cukup. Para ahli percaya jika Harris terpilih sebagai presiden dan sebagian besar akan melanjutkan kebijakan Biden terhadap Gaza.

Namun, kepresidenan Trump kemungkinan besar akan menghapuskan sanksi terhadap pemukim ilegal Yahudi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More