Siapa Razakar? Kekuatan Kolaborator yang Dikendalikan Pakistan dan Ingin Bangkit untuk Mengguncang Bangladesh

Senin, 22 Juli 2024 - 19:15 WIB
Zakaria sependapat dengan Qasmi dan mengatakan Razakar diciptakan oleh militer Pakistan untuk mendapatkan dukungan lokal, wawasan, dan intelijen mengenai target dan lokasi.

“Meskipun sebagian besar dari mereka berasal dari komunitas berbahasa Urdu, yang biasa disebut sebagai Bihari, mereka juga termasuk warga Bengali pro-Pakistan yang mendukung Pakistan bersatu,” kata Zakaria.



5. Dituding Jadi Kaki Tangan Pakistan



Foto/EPA

Ratusan ribu orang terbunuh selama perang pembebasan, dan ribuan perempuan diperkosa dan diserang secara seksual. Pemerintah Bangladesh yang baru dibentuk menuduh Pakistan melakukan genosida.

Tentara Pakistan terlibat dalam “operasi militer brutal” ketika mencoba mempertahankan kendali di wilayah Timur, kata Qasmi. Dan yang paling penting dalam upayanya adalah Razakar.

“Razakar berperan penting dalam cara militer melakukan operasinya pada tahun 1971, termasuk tuduhan kejahatan perang yang diduga mereka lakukan,” tambahnya.

Dalam satu insiden yang dilaporkan secara luas menjelang akhir perang ketika kekalahan Pakistan sudah dekat, militer Pakistan, dengan bantuan Razakar, diduga menangkap hampir 200 intelektual, seniman, jurnalis, dan akademisi Bengali, dan diduga menembak mereka.

“Razakar diduga terlibat langsung dalam pembantaian ini. Jadi bisa dibayangkan, mereka punya citra yang sangat buruk dan warisan berdarah,” kata Qasmi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More