Siapa Razakar? Kekuatan Kolaborator yang Dikendalikan Pakistan dan Ingin Bangkit untuk Mengguncang Bangladesh

Senin, 22 Juli 2024 - 19:15 WIB
Penulis dan cendekiawan Anam Zakaria mengatakan Razakar adalah “istilah yang sarat makna”, yang membangkitkan kenangan akan kejahatan perang, termasuk pembunuhan dan pemerkosaan terhadap penduduk Bengali dan etnis minoritas lainnya pada tahun 1971.

“Ini digunakan secara sinonim dengan kolaborator dan kekuatan anti-pembebasan dan dengan demikian juga dipandang sebagai anti-negara dan pro-Pakistan. Oleh karena itu, ada banyak stigma, rasa sakit, dan trauma yang ditimbulkan dari penggunaan istilah ini,” katanya kepada Al Jazeera.

4. Diasosiasikan dengan Konspirasi Inggris



Foto/EPA

Ketika Inggris membagi India dan membentuk Pakistan pada Agustus 1947, negara yang baru terbentuk ini terdiri dari dua wilayah: Pakistan Barat dan Pakistan Timur.

Melansir Al Jazeera, Pakistan Timur merupakan rumah bagi 55 persen total populasi, dengan hampir 44 juta orang tinggal di sana. Namun negara itu sudah hancur dianut secara konsisten oleh para pemimpin di Pakistan Barat. Selama dua dekade berikutnya, kebencian di Pakistan Timur tumbuh karena kurangnya sumber daya dan pengaruh dalam pengambilan keputusan, yang menyebabkan negara tersebut berada di ambang perpecahan pada tahun 1971.

Menurut Ali Usman Qasmi, sejarawan di Universitas Ilmu Manajemen Lahore, Razakar sebagian besar adalah migran berbahasa Urdu yang pindah ke Pakistan Timur dari tempat yang sekarang disebut India selama pemisahan dan merupakan bagian dari pasukan tambahan yang dibentuk oleh militer Pakistan untuk mendukung operasinya untuk memadamkan pemberontakan di Timur.

“Tentara membutuhkan dukungan lokal,” katanya kepada Al Jazeera. “Sayap mahasiswa dari partai politik-agama Jamaat-e-Islami di Pakistan Timur memberi mereka orang-orang yang percaya bahwa mereka harus mendukung tentara.”

Qasmi mengatakan orang-orang yang secara sukarela membantu militer sangat berguna karena mereka fasih berbahasa Bengali setempat dan akrab dengan medan.

“Awalnya mereka hanya disebut relawan dan merupakan bagian dari pertahanan sipil. Namun sejak Mei 1971 dan seterusnya, mereka secara resmi diorganisasikan menjadi dua kelompok berbeda, Al-Badr dan Al Shams,” ujarnya. “Mereka dilatih oleh militer sendiri.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More