Siapa Razakar? Kekuatan Kolaborator yang Dikendalikan Pakistan dan Ingin Bangkit untuk Mengguncang Bangladesh

Senin, 22 Juli 2024 - 19:15 WIB
Razakar kembali bangkit mengguncang perpolitikan Bangladesh. Foto/EPA
DHAKA - Razakar merupakan kekuatan kolaborator yang digunakan oleh Pakistan untuk mencoba menghancurkan gerakan kemerdekaan Bangladesh . Protes baru-baru ini menunjukkan bahwa warisan mereka yang berlumuran darah masih hidup – 53 tahun setelah perang kemerdekaan.

Nama Razakar disebut dalam kerusuhan di Bangladesh yang sudah meredas setelah Mahkamah Agung Bangladesh pada hari Minggu memangkas kuota kontroversial dalam pekerjaan pemerintah yang menjadi inti protes massal nasional yang melanda negara Asia Selatan dalam beberapa pekan terakhir.

Para pengunjuk rasa mahasiswa melakukan agitasi menentang sistem kuota yang menetapkan 56 persen pekerjaan di pemerintahan hanya diperuntukkan bagi kategori warga negara tertentu. Keluhan utama mereka adalah mengenai kuota 30 persen bagi keturunan pejuang kemerdekaan dari perang pembebasan negara tersebut melawan Pakistan pada tahun 1971.



Pengadilan menyusutkan kuota 30 persen menjadi 5 persen, dan sisa kuota menjadi 2 persen, sehingga membuka 93 persen sisa pekerjaan bagi seluruh warga Bangladesh.

Namun para pengunjuk rasa menolak untuk mengakhiri gerakan mereka sampai pemerintah memberitahukan perubahan ini. Mereka juga menuntut keadilan bagi lebih dari 100 orang yang tewas dalam bentrokan antara pengunjuk rasa di satu sisi, dan kombinasi pasukan keamanan serta anggota badan mahasiswa Liga Awami di sisi lain. Jam malam di seluruh negeri masih berlaku dan militer berjaga di jalanan.

Namun, seiring dengan meningkatnya protes, protes tersebut telah berubah dari cerminan krisis lapangan kerja menjadi pertarungan yang lebih luas mengenai identitas di negara yang sudah berusia 53 tahun namun sebagian besar penduduknya belum dilahirkan ketika Bangladesh mendapatkan kebebasannya.

Siapa Razakar? Kekuatan Kolaborator yang Dikendalikan Pakistan dan Ingin Bangkit untuk Mengguncang Bangladesh

1. Istilah Razakar Muncul Dipicu Ketidakadilan Pemerintahan PM Sheikh Hasina



Foto/EPA

Inti dari hal ini adalah istilah yang digunakan oleh perdana menteri negara tersebut, Sheikh Hasina, di tengah protes, dan memicu tanggapan marah dari para pengunjuk rasa: “Razakar”.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More