Turki, India dan China Berlomba, tapi Ini 3 Jet Tempur Generasi Kelima Terbaik di Dunia

Sabtu, 13 Juli 2024 - 19:10 WIB
Foto/AP

Itu merupakan pesawat Rusia ke dalam teknologi jet siluman generasi kelima. Diluncurkan pada tahun 2010 dan mulai beroperasi pada tahun 2020, Su-57 adalah pesawat berkursi tunggal bermesin ganda dengan kecepatan tertinggi Mach 2 dan radius tempur 1.500 km.

Melansir Sputnik, jet ini memiliki berat lepas landas maksimal 35 ton dan muatan senjata 10 ton, dengan enam cantelan internal dan enam cantelan eksternal yang dilengkapi dengan rudal anti-udara, serangkaian rudal jelajah dan anti-kapal termasuk Kh-38 dan Kh-35, dan Bom berpemandu seri KAB-250 dan 500.

Hanya sekitar 22 seri Su-57 yang telah dibuat hingga saat ini, dengan militer memusatkan sumber daya pada Su-35, sebuah pesawat tempur multiperan generasi 4++ yang telah dicoba dan diuji.



3. Chengdu J-20

Itu dikenal dengan ‘Mighty Dragon’ adalah desain jet generasi kelima China, menampilkan badan pesawat unik yang tidak seperti apa pun yang dibuat oleh kekuatan dirgantara global lainnya, dengan petunjuk desain mungkin diambil dari Mikoyan MiG 1.44, prototipe jet Soviet yang dibatalkan. J-20 adalah pesawat berkursi tunggal dan bermesin ganda dengan berat lepas landas maksimal 37 ton dan muatan senjata hingga 11 ton.

Melansir Sputnik, J-20 memiliki radius tempur mengesankan 2.000 km, dan radar cross section (RCS) hanya 0,01 meter. Pesawat ini dipersenjatai dengan rudal terbaru Tiongkok, termasuk PL-14 – rudal pelacak radar aktif di luar jangkauan visual yang dapat menghancurkan target hingga jarak 300 km. Untuk pertempuran di darat, jet tersebut membawa bom berpemandu prediksi berdiameter kecil seri LS-6.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More