6 Negara yang Menerima Bantuan Militer AS, Nomor 3 Negara Muslim yang Berpengaruh

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:21 WIB
loading...
6 Negara yang Menerima...
Taiwan merupakan salah satu negara yang menerima bantuan militer AS. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) siap untuk memulai kembali pengiriman bom seberat 500 pon ke Israel yang terhenti awal tahun ini setelah penghentian ekspor bom tersebut menyusul serangan brutal di kota Rafah di selatan Gaza.

Pada awal Mei, Biden menghentikan satu pengiriman bom setelah Israel memerintahkan evakuasi Rafah pada 6 Mei dan militer Israel memulai operasi darat “yang ditargetkan” satu hari kemudian. Sejak itu, badan-badan PBB memperkirakan sekitar satu juta warga Palestina – banyak di antaranya telah beberapa kali mengungsi dari wilayah lain di Gaza – terpaksa mengungsi dari Rafah.

Sepanjang kampanye militer Israel di Gaza, AS tidak hanya mengizinkan penjualan senjata ke Israel. Mereka juga memberikan sejumlah besar bantuan militer lainnya – baik secara finansial maupun, diyakini, melalui operasi militer pendukung.

Pada bulan April, Kongres AS menyetujui bantuan militer dalam jumlah besar kepada Israel dan Ukraina. Total USD95 miliar termasuk USD60 miliar (63 persen) untuk Ukraina, USD26,4 miliar (28 persen) untuk Israel, dan USD8,1 miliar (9 persen) untuk kawasan Asia Pasifik terkait dengan kemungkinan ancaman dari China.

AS adalah penyedia bantuan militer terbesar di dunia. Lantas, apa sebenarnya bantuan militer itu dan negara mana saja yang paling diuntungkan?

6 Negara yang Menerima Bantuan Militer AS, Nomor 3 Negara Muslim yang Berpengaruh

1. Israel

6 Negara yang Menerima Bantuan Militer AS, Nomor 3 Negara Muslim yang Berpengaruh

Foto/AP

Sejak berdirinya Israel pada tahun 1948, negara ini telah menjadi penerima kumulatif terbesar bantuan luar negeri AS, menerima sekitar USD300 miliar (disesuaikan dengan inflasi) dalam total bantuan ekonomi dan militer.

Sekitar USD220 miliar (74 persen) dari jumlah tersebut merupakan bantuan militer, sedangkan sisanya sebesar USD80 miliar (26 persen) merupakan bantuan ekonomi.

Sejak tahun 2008, Israel menerima sebagian besar bantuan militer dan bantuan ekonomi berjumlah kurang dari 1 persen dari total bantuan AS ke Israel.


2. Ukraina

6 Negara yang Menerima Bantuan Militer AS, Nomor 3 Negara Muslim yang Berpengaruh

Foto/AP

Ukraina juga menerima bantuan militer dalam jumlah besar dari Amerika. Baru-baru ini, paket bantuan militer darurat senilai USD300 juta disetujui pada bulan Maret untuk menggantikan persediaan militer yang habis dalam perang yang berkelanjutan dengan Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)