Turki, India dan China Berlomba, tapi Ini 3 Jet Tempur Generasi Kelima Terbaik di Dunia

Sabtu, 13 Juli 2024 - 19:10 WIB
F-35 Lightning II masih menjadi salah satu pesawat terbaik di dunia. Foto/AP
WASHINGTON - Sejumlah negara sedang mengerjakan pesawat tempur generasi kelima, di antaranya India dengan platform Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA) Hindustan Aeronautics Limited, yang dijadwalkan untuk mulai diproduksi pada pertengahan tahun 2030-an, dan Mitsubishi X-2 Shinshin dari Jepang, yang telah memproduksi pesawat tempur generasi kelima.

Selain itu, Kaan Industri Dirgantara Turki milik Turki – yang dijadwalkan untuk diperkenalkan pada akhir tahun 2020an, tampaknya merupakan perusahaan yang paling dekat dengan kesiapan produksi. Pesawat ini diharapkan memiliki konfigurasi satu atau dua kursi, mesin ganda, karakteristik siluman canggih, serta rudal dan bom udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan buatan Turki.

Korea Selatan telah secara resmi memulai produksi jet tempur KF-21 Boramae. Korea Aerospace Industries memiliki kontrak senilai USD1,41 miliar untuk membangun 20 KF-21 pada tahun 2027, dan 120 pada tahun 2032. KF-21 diklasifikasikan sebagai jet generasi 4,5, namun peningkatan di masa depan diperkirakan akan mengubahnya menjadi pesawat generasi kelima.



Turki, India dan China Berlomba, tapi Ini 3 Jet Tempur Generasi Kelima Terbaik di Dunia

1. F-35 Lightning II



Foto/AP

Melansir Sputnik, Pesawat tempur multiperan Lockheed yang serba bisa, memegang rekor sebagai peralatan militer termahal yang pernah dibuat, dengan perkiraan biaya program seumur hidup sebesar USD2 triliun, menurut Kantor Akuntabilitas Pemerintah.

F-35 memiliki tiga varian – A, B dan C, masing-masing diproduksi untuk Angkatan Udara, Korps Marinir, dan Angkatan Laut AS. Semua model F-35 hadir dengan mesin tunggal dan diterbangkan oleh pilot tunggal. Jet berbobot 27,2-31,8 ton ini memiliki radius tempur 935-1,241 km, muatan senjata antara 6,800 dan 8,160 kg, dan kecepatan tertinggi Mach 1,6.

Meskipun sudah mulai beroperasi hampir satu dekade yang lalu, F-35 terus diganggu dengan serangkaian masalah, dengan laporan GAO baru-baru ini yang mencantumkan masalah mulai dari roda pendaratan yang rusak hingga tabung bahan bakar yang bergetar, sistem penargetan elektro-optik yang rapuh, dan delaminasi kanopi. masalah.

2. Sukhoi Su-57

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More