8 Strategi Hizbullah Melawan Teknologi Penyadapan Israel, Salah Satunya Tidak Membawa Ponsel

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:55 WIB
Sumber tersebut menolak mengatakan kapan dan bagaimana serangan itu terjadi. Namun mereka mengatakan spesialis telekomunikasi Hizbullah memecahnya menjadi jaringan yang lebih kecil untuk membatasi kerusakan. “Kami sering mengubah jaringan telepon rumah kami dan menggantinya, sehingga kami dapat menghindari peretasan dan penyusupan,” kata sumber senior tersebut kepada Reuters.

8. Menghindari Pemantauan Drone Israel

Kelompok ini juga menggembar-gemborkan kemampuannya untuk mengumpulkan informasi intelijennya sendiri mengenai sasaran musuh dan menyerang instalasi pengawasan Israel dengan menggunakan persenjataan kendaraan udara tak berawak (UAV) kecil buatannya sendiri.

Pada tanggal 18 Juni, Hizbullah menerbitkan kutipan berdurasi sembilan menit dari apa yang dikatakannya sebagai video yang dikumpulkan oleh pesawat pengintainya di atas kota Haifa di Israel, termasuk instalasi militer dan fasilitas pelabuhan. Angkatan Udara Israel mengatakan sistem pertahanan udara telah mendeteksi drone tersebut, namun keputusan telah diambil untuk tidak mencegatnya karena tidak memiliki kemampuan ofensif, dan hal tersebut dapat membahayakan warga.

Video lain yang dirilis oleh Hizbullah termasuk gambar udara yang menurut mereka dikumpulkan dari balon observasi besar Israel yang dikenal sebagai Sky Dew pada hari sebelum dihantam dalam serangan pesawat tak berawak pada 15 Mei.

Reuters tidak dapat memverifikasi keaslian gambar tersebut. Namun juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan pada saat itu bahwa pesawat tersebut, yang digunakan untuk mendeteksi roket yang masuk, ditembak ketika berada di pangkalan militer di Israel utara. Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dan tidak ada dampak terhadap “kemampuan kesadaran situasional udara” militer di wilayah tersebut.

Hizbullah mengatakan pihaknya juga telah menembak jatuh atau menguasai setengah lusin drone pengintai Israel, termasuk Hermes 450, Hermes 900 dan SkyLark UAV. Para agen Hizbullah membongkar drone tersebut untuk mempelajari komponen-komponennya, menurut dua sumber.

Israel telah mengkonfirmasi bahwa lima drone angkatan udara ditembak jatuh oleh rudal permukaan-ke-udara saat beroperasi di Lebanon.

Namun, IDF mengatakan deklarasi Hizbullah “harus diperhatikan dengan hati-hati,” dan mengatakan bahwa kelompok tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa takut pada warga Israel.

Nicholas Blanford, seorang konsultan keamanan yang berbasis di Beirut yang telah menulis sejarah Hizbullah, mengatakan “kesadaran dan kewaspadaan” kelompok tersebut terhadap pelanggaran keamanan berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

“Hizbullah harus memperketat keamanannya lebih dari yang seharusnya dilakukan dalam konflik-konflik sebelumnya,” katanya kepada Reuters.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More