Apa Itu Senjata Kiamat, yang Bakal Digunakan Israel untuk Melawan Seluruh Negara Timur Tengah

Jum'at, 05 Juli 2024 - 11:39 WIB
Pejabat Israel sesumbar negaranya siap berperang melawan seluruh negara Timur Tengah karena memiliki dan mampu menggunakan senjata kiamat. Foto/Kementerian Pertahanan Israel
TEL AVIV - Ketua Dewan Pekerja Industri Dirgantara Israel (IAI) Yair Katz telah sesumbar bahwa negaranya siap berperang melawan seluruh negara Timur Tengah.

Dia mengeklaim militer Zionis mampu dan akan menggunakan senjata kiamat jika perang seperti itu benar-benar terjadi.

“Jika kami memahami bahwa ada bahaya yang nyata di sini, dan bahwa Iran, Yaman, Suriah, Irak, dan semua negara di Timur Tengah memutuskan bahwa inilah saatnya untuk melawan kami, saya memahami bahwa kami memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata kiamat," katanya dalam sebuah acara di Yehud-Monosson, Sabtu lalu.



“Amerika, Inggris, dan Jerman membantu kami dengan intelijen. Mereka memberi tahu kami jika ada tindakan yang mungkin membahayakan kami," lanjut Katz.



Apa itu sejata kiamat yang dimaksud Katz? Analisis Business Insider menyimpulkan bahwa itu adalah isyarat untuk senjata nuklir yang selama ini tidak diakui maupun dibantah kepemilikannya oleh Israel.

Katz maupun IAI tidak mempunyai komando dan kendali apa pun atas senjata nuklir.

Namun penggunaan kata "kemampuan" olehnya merupakan pengingat bahwa Israel memiliki sistem pengiriman senjata nuklir berbasis darat, udara, dan laut. Dengan kata lain, triad nuklir yang lengkap.

Ada delapan negara di dunia yang menyatakan memiliki persenjataan nuklir, empat di antaranya—Amerika Serikat, China, India, dan Rusia—memiliki triad nuklir yang lengkap.

Pakistan mempunyai triad parsial, menjadikannya berada di urutan kelima. Triad Israel mempunyai beberapa perbedaan dan keterbatasan yang menonjol dibandingkan dengan yang lainnya.

“Triad nuklir Israel mempunyai ciri-ciri triad nuklir regional seperti yang terlihat di India dan Pakistan, dibandingkan mencari kemampuan serangan yang mencakup seluruh dunia,” kata Sebastien Roblin, seorang jurnalis penerbangan militer yang banyak dipublikasikan, kepada Business Insider.

“Kapal selam rudal balistik dengan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam dan pengebom berat tidak diperlukan, meskipun Israel menghadapi beberapa komplikasi jangkauan dan geografi khususnya jika berhadapan dengan Iran,” kata Roblin.

“Jadi, seperti Pakistan, Israel dapat mengandalkan pesawat tempur, kapal selam bertenaga konvensional, dan rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam untuk melakukan apa yang mereka coba lakukan.”

“Triad Israel tetap sangat kuat untuk negara seukuran itu.”

Para pakar yakin Israel memiliki tiga sistem pengiriman utama hulu ledak nuklirnya.



Israel memiliki rudal balistik jarak menengah (IRBM) Jericho 3 yang berbasis darat. Dibangun oleh Israel Aerospace Industries, IRBM ini mampu mencapai target setidaknya 3.000 mil jauhnya.

Israel juga memiliki kapal selam diesel-listrik Dolphin 2 buatan Jerman yang diyakini membawa rudal jelajah Popeye Turbo bersenjata nuklir, yang dapat menyerang sasaran hingga jarak 930 mil dan disebut-sebut memiliki hulu ledak nuklir seberat 200 kiloton.

Armada kapal selam yang sederhana tersebut memberi Israel kemampuan serangan kedua jika Jericho yang berbasis di darat hancur dalam serangan pertama musuh. Selanjutnya jet tempurnya bisa menjatuhkan bom nuklir.

Ryan Bohl, analis senior Timur Tengah dan Afrika Utara di perusahaan intelijen risiko RANE, mencatat bahwa salah satu perbedaan utama triad nuklir Israel dari negara-negara lain adalah fokus regionalnya.

“Pencegahan nuklir Israel tidak dirancang untuk menangkal kekuatan besar seperti Rusia atau China, melainkan kekuatan regional seperti Mesir dan Iran,” kata Bohl kepada Business Insider yang dilansir Jumat (5/7/2024).

"Jika mereka menghadapi konfrontasi nuklir berkekuatan besar yang pasti akan berlarut-larut di Amerika Serikat, yang tentunya lebih siap untuk menangani hal seperti itu."

“Israel memang memiliki kemampuan rudal balistik antarbenua yang akan memungkinkan serangan terbatas di luar wilayah, tapi sekali lagi, tidak satupun dari hal ini akan berdampak pada kekuatan besar,” kata Bohl.

“Dari apa yang diketahui tentang sistem Jericho, keduanya bersifat silo dan berbasis darat, namun kenyataannya semua sistem berbasis darat rentan terhadap serangan pertama, yang merupakan alasan utama mengapa Israel mempertahankan triad,” imbuh Bohl.

Jet tempur Angkatan Udara Israel (IAF) juga berperan dalam triad tersebut.

“Sebagian besar percaya bahwa unit F-16 dan F-15I Ra’am IAF tertentu telah diberi peran nuklir, di mana jet tempur dengan jangkauan dan muatan yang lebih besar menjadi semakin penting jika terjadi perang jarak jauh dengan Iran,” kata Roblin.

Israel juga memiliki armada F-35I generasi kelima, jet tempur siluman yang lebih mampu menembus pertahanan udara musuh untuk menghancurkan sasaran strategis. Tidak jelas apakah F-35 Israel saat ini dapat membawa muatan nuklir atau tidak.

Roblin mencatat Angkatan Udara AS baru saja mensertifikasi F-35A untuk misi nuklir.

“Apakah dan bagaimana Israel mengintegrasikan senjata nuklir ke dalam F-35I yang disesuaikan adalah sebuah kotak misteri,” kata Roblin.

“Meskipun saya berasumsi mereka pada akhirnya akan mengambil peran nuklir jika mereka belum melakukannya--mereka jauh lebih mampu bertahan dalam pengiriman bom gravitasi atau bom luncur," paparnya.

Jet Israel juga dapat menembakkan rudal jelajah Popeye untuk serangan jarak dekat.

Israel telah mengembangkan beberapa rudal balistik yang diluncurkan dari udara, beberapa di antaranya digunakan dalam serangan terhadap Iran tengah pada bulan April.

Namun, tidak jelas apakah Israel memiliki rudal balistik yang diluncurkan dari udara dan dilengkapi hulu ledak nuklir.

“Tantangan utama untuk membuat rudal berkemampuan nuklir adalah kemampuan Israel untuk memperkecil hulu ledak nuklir dibandingkan dengan seberapa berat hulu ledak yang dapat dibawa oleh rudal tertentu,” kata Roblin.

“Jadi, senjata yang mendukung hulu ledak lebih besar lebih mudah untuk dikonversi.”

IAF dilaporkan telah memiliki bom gravitasi nuklir sejak tahun 1973.

Roblin menunjukkan bahwa AS telah "menginvestasikan miliaran dolar" untuk mengubah bom nuklir B61 menjadi penghancur bunker nuklir. Dia menduga Israel bisa saja melakukan proyek serupa.

“Jika Israel memiliki niatan serangan yang lebih ambisius terhadap senjata nuklirnya yang berbasis di udara, dengan harapan bahwa senjata tersebut dapat digunakan untuk menghancurkan silo dan tempat penyimpanan rudal nuklir musuh, maka mungkin Israel secara diam-diam telah mengembangkan B61 baru yang setara dengan milik Amerika, katakanlah yang berbasis di sekitar perlengkapan bom luncur SPICE," kata Roblin.

Meskipun luas untuk ukuran negara Israel, Bohl menyoroti beberapa keterbatasan dari triad Israel, dan mencatat bahwa kekuatan sebenarnya Israel terletak pada dukungan Washington.

“Keterbatasan Israel antara lain adalah persenjataannya yang relatif terbatas dan sistem penempatan di luar kawasan yang lebih terbatas,” kata Bohl.

Namun di kawasan tersebut, Israel tentu saja tidak tertandingi dalam kemampuan nuklirnya.

“Mengingat bahwa Amerika Serikat akan berfungsi sebagai payung nuklir bagi Israel untuk ancaman ekstra-regional, keterbatasan ini tentu saja tidak membatasi penangkal nuklir Israel terhadap target utamanya seperti Iran,” lanjut Bohl.

Analis RANE juga mencatat bahwa pasukan Amerika mewakili ancaman pembalasan yang jauh lebih berbahaya daripada kapal selam Israel bagi negara mana pun yang mempertimbangkan untuk menyerang Israel dengan nuklir.

“Ancaman serangan kedua yang sebenarnya bagi Israel adalah Amerika Serikat sendiri, yang dalam skenario perang nuklir teoretis hampir pasti akan membalas atas nama Israel jika negara tersebut mendapat serangan pertama dari negara lain yang memiliki senjata nuklir,” kata Bohl.

“Hal ini menjadikan kemampuan serangan kedua penting dalam hal pencegahan eskalasi skala penuh dari kekuatan seperti Iran.”

“Tetapi dari sudut pandang taktis, Amerika Serikatlah yang akan menjadi sistem serangan kedua Israel yang paling efektif.”
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More