Siapa Haredim? Kelompok Yahudi Ultra-ortodoks yang Menolak Menjadi Tentara Israel

Selasa, 02 Juli 2024 - 11:35 WIB

2. Bertugas Mempelajari Taurat



Foto/AP

Pengaturan pengecualian khusus, torato umanuto (yang berarti “mempelajari Taurat adalah tugasnya”), disepakati sebelum negara Israel dibentuk.

Pengecualiannya adalah sejumlah kecil siswa senior dibebaskan dari wajib militer selama yang mereka lakukan hanyalah mempelajari kitab suci Yahudi di sekolah agama yang dikenal sebagai yeshivas – yang bergantung pada pendanaan pemerintah.

Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa mempelajari Taurat, atau membacanya, melindungi bangsa Israel dari ancaman. Dan karena kelompok ultra-Ortodoks merupakan kelompok yang relatif kecil di Israel, maka masalahnya tidak dipandang sebagai masalah besar.

Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah Haredim di Israel meningkat pesat. Saat ini, sekitar 13.000 pemuda ultra-Ortodoks mencapai usia wajib militer pada usia 18 tahun, namun sekitar 90 persen dari mereka tidak mendaftar wajib militer. Tahun lalu, 66.000 Haredim tidak mendaftar wajib militer.



3. Adanya Dorongan dari Kelompok Lain Agar Haredim Ikut Berperang



Foto/AP

Ketika semakin banyak tentara Israel yang terbunuh dan terluka saat berperang di Gaza, keluarga mereka menjadi marah karena ada begitu banyak pemuda berbadan sehat yang tidak ikut serta dalam perang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More