Pejuang Palestina Makin Intensif Tembakkan Roket ke Israel

Selasa, 02 Juli 2024 - 06:44 WIB
loading...
Pejuang Palestina Makin Intensif Tembakkan Roket ke Israel
Pejuang Palestina makin intensif tembakkan roket ke Israel. Foto/AP
A A A
GAZA - Kelompok pejuang Palestina , Jihad Islam, menembakkan rentetan roket ke Israel pada Senin (1/7) ketika pertempuran berkobar di Gaza. Saat bersamaan, tank-tank Israel maju lebih jauh ke beberapa bagian daerah kantong itu.

Jihad Islam, sekutu Hamas – keduanya didukung oleh Iran – mengatakan para pejuangnya menembakkan roket ke beberapa komunitas Israel di dekat pagar Gaza sebagai tanggapan atas “kejahatan musuh Zionis terhadap rakyat Palestina”.

Tembakan sekitar 20 roket tidak menimbulkan korban jiwa, kata militer Israel. Namun serangan tersebut menunjukkan bahwa militan masih memiliki kemampuan roket hampir sembilan bulan setelah serangan yang menurut Israel bertujuan untuk menetralisir ancaman terhadapnya.

Penduduk di beberapa lingkungan di timur Khan Younis, yang berada di selatan Gaza, mengatakan mereka telah menerima pesan audio dari nomor telepon Israel yang memerintahkan mereka untuk meninggalkan rumah mereka.

“Demi keselamatan Anda, Anda harus segera mengungsi ke zona kemanusiaan,” juru bicara militer Avichay Adraee memposting di platform media sosial X dalam seruan kepada warga dan pengungsi yang tinggal di daerah tersebut.

Beberapa orang berpendapat bahwa hal ini bisa berarti pasukan Israel akan kembali ke daerah tersebut, yang mereka tinggalkan beberapa minggu lalu. Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin sebelumnya bahwa roket ditembakkan dari daerah Khan Younis.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel mendekati tujuannya untuk menghancurkan kemampuan militer Hamas, kelompok Islam yang menguasai Gaza dan memimpin serangan 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang. Operasi yang kurang intens akan terus berlanjut.

“Kami sedang menuju akhir fase pemberantasan tentara teroris Hamas, dan akan ada kelanjutan serangan terhadap sisa-sisanya,” kata Netanyahu, dilansir Reuters.

Kekerasan juga berkobar pada hari Senin di Tepi Barat yang diduduki Israel, di mana kementerian kesehatan Palestina mengatakan seorang wanita dan seorang anak laki-laki tewas di kota Tulkarem dalam operasi pasukan Israel. Sehari sebelumnya, serangan Israel di wilayah yang sama menewaskan seorang anggota Jihad Islam.

Di beberapa wilayah Gaza, militan terus melancarkan serangan terhadap pasukan Israel di wilayah yang telah ditinggalkan tentara beberapa bulan lalu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)
pixels