Melawan Houthi Berbulan-bulan, Kapal Induk Eisenhower AS Bisa Kehabisan Tenaga

Kamis, 20 Juni 2024 - 11:39 WIB
Para pemimpin Angkatan Laut khawatir terhadap para pelaut, yang dapat melihat rudal-rudal yang diluncurkan Houthi datang beberapa detik sebelum mereka dihancurkan oleh serangan pertahanan kapal tersebut. Dan para pejabat di Pentagon sedang membicarakan cara merawat para pelaut ketika mereka kembali ke rumah, termasuk konseling dan pengobatan untuk kemungkinan stres pasca-trauma.

Miguez juga mencatat tekanan pada kapal itu sendiri.

“Kami terus-menerus mengingatkan Departemen Pertahanan bahwa kami perlu mengambil jeda dan istirahat, untuk mencoba dan kembali melakukan pemeliharaan,” katanya, yang dilansir AP, Kamis (20/6/2024).

“Kapal-kapal ini terapung di air laut. Itu terbuat dari baja dan memerlukan banyak perawatan. Dan ketika Anda menjalankannya melewati garis merah, ketika Anda menjalankannya melewati aktivitas pemeliharaan terjadwal, Anda harus menebusnya di suatu tempat.”

Pilihan ketiga adalah mengirimkan kapal lain—mungkin kapal induk lain—untuk menggantikan Eisenhower. Namun kapal berukuran besar relatif jarang. AS mengoperasikan 11 unit, yaitu sekitar 40% dari jumlah total di seluruh dunia. Negara lain hanya punya satu atau dua.

AS dapat beralih ke Prancis atau Inggris, yang masing-masing memilikinya, setidaknya untuk sementara waktu di Laut Merah.

Para pejabat AS bersikeras bahwa melindungi jalur laut adalah upaya multinasional dan meminta sekutu untuk mengambil tindakan dapat memperkuat pesan tersebut. Hal ini dapat memberi Amerika ruang bernapas yang cukup untuk mendatangkan maskapai penerbangan Amerika lainnya ke sana, mungkin pada akhir tahun ini.

Dari 11 kapal induk AS, empat dikerahkan, tiga sedang dalam pelatihan dan persiapan untuk dikerahkan, dan empat sedang dalam pemeliharaan dan perbaikan rutin, yang biasanya memakan waktu sekitar satu tahun atau lebih.

Kapal USS John C. Stennis, bagaimanapun, sedang menjalani perombakan besar-besaran, yang dapat berlangsung sekitar empat tahun dan memerlukan penggantian dan peningkatan sistem propulsi nuklir kapal serta radar penting lainnya, komunikasi, elektronik, dan komponen tempur. Umur sebuah kapal induk adalah sekitar 50 tahun.

Satu kapal induk selalu berbasis di Jepang dan melakukan patroli dan latihan regional, dan kapal induk lainnya umumnya dikerahkan ke Asia-Pasifik. Fokus pada Asia mencerminkan keyakinan lama bahwa China adalah tantangan strategis utama Amerika, dan 60% pasukan angkatan laut Amerika berbasis di Pasifik. Sisanya berbasis di Atlantik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More