3 Kekuatan Hizbullah yang Menjadikannya Mampu Tandingi Israel

Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:45 WIB
Pada 2021, Hassan Nasrallah selaku pemimpin Hizbullah menyebut kelompoknya ini punya sekitar 100.000 pejuang. Masing-masing di antaranya masuk dalam kategori personel tetap dan tentara cadangan.

Lebih jauh, para serdadu Hizbullah juga memiliki semangat yang tinggi ketika bertempur melawan Israel dan para sekutunya. Meski kalah jumlah, mereka tidak gentar.

2. Persenjataan Mumpuni



Pada penyebutannya, Hizbullah juga sering disebutkan sebagai kelompok non-negara dengan persenjataan terbanyak di dunia. Meski hanya sebatas organisasi, namun mereka dipersenjatai layaknya militer resmi negara.

Mengutip DW, sebagian besar persenjataan yang dimiliki Hizbullah adalah roket artileri. Data ini disampaikan menurut perhitungan Center for Strategic and International Studies yang berbasis di Washington dalam laporan tahun 2021.

Para analis tidak terlalu yakin mengenai jumlah roket yang dimiliki Hizbullah. Namun, mereka memperkirakan jumlahnya mungkin bisa mencapai lebih dari 130.000 unit.

Lebih jauh, amunisi yang dimiliki Hizbullah sebagian besar dibuat di Iran, China hingga Rusia. Sebagian besar disalurkan melalui Iran atau Suriah.

Selain roket artileri, Hizbullah juga memiliki senjata jenis lain yang tak kalah mengerikan. Di antaranya seperti rudal anti-tank, misil anti-pesawat hingga drone.

3. Dukungan Pihak Lain



Keberadaan Hizbullah sampai sekarang tak bisa dilepaskan dari sejumlah pihak yang berjasa dalam pendirian dan perkembangannya. Salah satu pendukung utamanya yang sering disebut adalah Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More