Mengapa Banyak Pejabat Militer Rusia Ditangkap?

Sabtu, 25 Mei 2024 - 23:23 WIB
Sejak itu, penangkapan lain atas tuduhan suap termasuk Letjen Yury Kuznetsov, kepala direktorat personalia Kementerian Pertahanan; Mayor Jenderal Ivan Popov, seorang prajurit karir dan mantan komandan tertinggi di Ukraina; dan Letjen Vadim Shamarin, wakil kepala staf umum militer. Shamarin adalah wakil Valery Gerasimov, kepala staf umum.

Pejabat kementerian kelima dilaporkan ditangkap pada hari Kamis – Vladimir Verteletsky, dari departemen pengadaan pertahanan. Dia didakwa melakukan penyalahgunaan jabatan yang mengakibatkan kerugian senilai lebih dari 70 juta rubel (sekitar USD776.000), kata Komite Investigasi.

Selain itu, wakil kepala layanan penjara federal untuk wilayah Moskow, Vladimir Telayev, ditangkap pada Kamis atas tuduhan suap besar-besaran, kata laporan Rusia.



Korupsi Sangat Membelenggu Militer Rusia



Foto/AP

Penangkapan tersebut menunjukkan bahwa korupsi yang “sangat mengerikan” di Kementerian Pertahanan tidak akan lagi ditoleransi, kata Richard Connolly, pakar ekonomi Rusia di Royal United Services Institute di London.

Tak lama setelah pelantikannya, Putin menggantikan Shoigu sebagai menteri pertahanan dengan Andrei Belousov, seorang ekonom. Peskov mengatakan peningkatan anggaran pertahanan Rusia harus disesuaikan dengan perekonomian yang lebih luas.

Peskov mengatakan anggaran pertahanan Rusia adalah 6,7% dari produk domestik bruto. Ini merupakan tingkat yang belum pernah terlihat sejak era Soviet.

“Ada pandangan bahwa dana ini perlu dibelanjakan dengan lebih bijaksana,” kata Connolly.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More