Mengapa Banyak Pejabat Militer Rusia Ditangkap?

Sabtu, 25 Mei 2024 - 23:23 WIB
Perang di Ukraina telah menyebabkan membengkaknya belanja pertahanan sehingga meningkatkan peluang terjadinya korupsi.

Mengambil Untung dari Perang



Foto/AP

Mantan Wakil Menteri Pertahanan Timur Ivanov – pejabat pertama yang ditangkap pada bulan April dan merupakan pejabat tertinggi sejauh ini – mengawasi proyek konstruksi besar yang berhubungan dengan militer dengan akses terhadap sejumlah besar uang. Proyek-proyek tersebut termasuk membangun kembali kota pelabuhan Mariupol di Ukraina yang hancur.

Tim yang dipimpin oleh mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny menuduh Ivanov, 48, dan keluarganya memiliki real estate elit, menikmati pesta mewah dan perjalanan ke luar negeri, bahkan setelah invasi. Mereka juga menuduh istri Ivanov, Svetlana, menceraikannya pada tahun 2022 untuk menghindari sanksi dan terus hidup mewah.

Juru bicara Putin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Kamis bahwa penangkapan baru-baru ini bukanlah sebuah “kampanye” melawan korupsi melainkan mencerminkan aktivitas yang sedang berlangsung di “semua badan pemerintah.”

Peskov dan Ivanov pernah menjadi bagian dari episode memalukan yang tertangkap kamera. Tim Navalny telah membagikan gambar juru bicara Kremlin tahun 2022 yang merayakan pesta ulang tahun mantan istri Ivanov. Dalam video tersebut, Peskov, dengan Ivanov di sisinya, terlihat mengenakan jam tangan yang diperkirakan berharga $85.000.



Foto/AP

Pada bulan April, Komite Investigasi, lembaga penegak hukum utama Rusia, melaporkan bahwa Ivanov dicurigai melakukan tindakan suap yang sangat besar – merupakan tindak pidana yang dapat dihukum hingga 15 tahun penjara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More