Dominasi AS di Antariksa Terganggu, Pentagon Tuding Rusia Luncurkan Senjata Anti-satelit

Rabu, 22 Mei 2024 - 15:30 WIB
Perbedaan tanggal peluncuran yang dilaporkan mungkin disebabkan oleh fakta bahwa zona waktu Moskow tiga jam lebih cepat dari GMT.

Baik Moskow maupun Washington tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Namun analis luar angkasa mengatakan bahwa Cosmos 2576 tampaknya berada pada orbit yang sama dengan satelit Amerika USA 314.

Sejak melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, Rusia telah memperingatkan bahwa satelit AS yang membantu militer Ukraina dapat menjadi target yang sah.

Pada bulan Februari, Gedung Putih mengakui Rusia sedang mengembangkan senjata luar angkasa baru yang "mengganggu", namun bersikeras bahwa Rusia belum mengerahkannya.

Hal ini terjadi setelah seorang anggota senior Kongres dari Partai Republik mengeluarkan peringatan samar tentang ancaman keamanan nasional yang serius, sehingga memicu rumor yang beredar di Washington DC.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Washington DC tahun lalu menunjukkan bahwa Rusia sedang mengembangkan serangkaian senjata anti-satelit (ASAT), termasuk rudal yang berhasil diuji terhadap satelit era Soviet yang sudah tidak berfungsi pada November 2021.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More