Kecelakaan Maut Ebrahim Raisi, antara Azerbaijan dan Mossad

Selasa, 21 Mei 2024 - 10:28 WIB
Sangat diragukan apakah ada orang di Barat yang berduka atas kematian presiden yang mempelopori garis ekstremis melawan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, khususnya Israel.

Namun pakar Iran di bidang akademis, Mossad, atau badan intelijen Israel lainnya tahu bahwa kekuasaan presiden Iran hanya terbatas pada urusan ekonomi dan dalam negeri. Pengaruhnya terhadap kebijakan luar negeri dan pertahanan dibatasi.

Tempat di mana tujuan berhenti dalam segala hal, terutama isu-isu penting yang strategis, adalah meja Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, dibantu oleh para penasihatnya dan para komandan Garda Revolusi.

Khamenei telah menyatakan bahwa kebijakan Iran tidak akan berubah setelah kematian Raisi. Para pejabat Israel juga menyadari bahwa rezim tersebut, yang telah berusaha mengepung Israel dengan serangan di semua lini, tidak akan mengubah kebijakannya.

Satu-satunya keuntungan bagi Israel dan Barat adalah bahwa Raisi adalah kandidat utama untuk menggantikan Khamenei, yang kesehatannya buruk telah menjadi bahan rumor selama bertahun-tahun.

Kandidat kedua adalah Mojtaba Khamenei (55), putra pemimpin tertinggi. Dia adalah salah satu pemimpin milisi Basij di bawah Garda Revolusi, dengan peran menjaga hukum dan ketertiban serta menekan lawan dan protes publik.

Khamenei dan para pembantunya sedang mempertimbangkan apakah akan membiarkan putranya menggantikan sang ayah, yang akan mengubah Iran menjadi wilayah kekuasaan satu keluarga.

Hal ini akan mengembalikan Iran ke keadaan sebelum Revolusi Islam tahun 1979, sebuah monarki turun temurun di mana kekuasaan diwariskan dari ayah ke anak.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More