7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Minggu, 12 Mei 2024 - 23:23 WIB
Tim Pertahanan Sipil telah mendokumentasikan sisa-sisa jasad tersebut melalui foto dan video, bekerja dengan sedikit alat pelindung diri dan tanpa peralatan forensik. “Kami memiliki beberapa kantong jenazah dan sedikit peralatan untuk melindungi tangan dan hidung kami, namun kenyataannya, ini adalah upaya lokal, dan ini memberikan banyak tekanan pada tim kami,” kata Zaanin.

Thani Nimr Abdel Rahman, yang bekerja di Pusat Hak Asasi Manusia Al Mezan di kamp pengungsi Jabalia di Gaza dan telah mengunjungi lokasi pemakaman di Rumah Sakit al-Shifa, mengatakan dia menyaksikan tanah digali menggunakan buldoser.

Sebelum orang mati dikuburkan kembali di tempat baru, kerabat orang yang hilang mencari potongan pakaian di sekitar jenazah sebagai tanda orang yang mereka cintai.

2. Banyak JenazahTak Terurus



Foto/AP

Kadang-kadang, mayat-mayat itu ditinggalkan tanpa pengawasan. “Anjing-anjing itu datang untuk melahap mayat-mayat itu, dan baunya sangat mematikan,” kata Abdel Rahman kepada Al Jazeera. “[Pekerjaan ini] membutuhkan lebih banyak kemampuan dan ahli forensik, yang tidak ada satupun yang tersedia di Gaza.”

3. Israel Melakukan Kejahatan Perang



Foto/AP

Beberapa anggota Pertahanan Sipil mengklaim telah menemukan bukti adanya perlakuan buruk, termasuk penyiksaan, eksekusi di luar proses hukum dan pembunuhan di luar hukum terhadap warga non-pejuang yang dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

Rami Dababesh, anggota tim Pertahanan Sipil yang ikut serta dalam pekerjaan penggalian di Rumah Sakit al-Shifa, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa timnya telah menemukan “mayat tanpa kepala”. Paramedis Adel al-Mashharawi mengatakan dia melihat mayat anak-anak dan wanita mengenakan pakaian rumah sakit.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More