7 Kebenaran yang Terungkap dari Kuburan Massal di Gaza

Minggu, 12 Mei 2024 - 23:23 WIB
Informasi yang tidak akurat juga dapat ditambahkan sebagai bagian dari proses dokumentasi. Schmitt mengatakan kesalahan identifikasi oleh kerabat yang berduka dan secara psikologis cenderung menginginkan penutupan sering terjadi dalam konteks perang. Klaim bahwa jenazah telah dipenggal atau dikubur hidup-hidup juga sulit dibuktikan tanpa dilakukan otopsi.

Bukti foto dan video saja mungkin tidak cukup untuk mengatasi kebingungan. Agar bukti visual dapat dianggap dapat diandalkan, rantai pengawasan harus dipastikan, kata Schmitt.

Proses dokumentasi harus memberikan gambaran yang jelas tentang proses penggalian baik secara spasial maupun waktu dengan gambar yang berisi informasi termasuk metadata dan geolokasi yang diambil secara berurutan. Pemotretan harus dibingkai untuk menampilkan landmark sebelum memperbesar detailnya. Informasi tersebut kemudian dikumpulkan secara metodis dalam spreadsheet, yang kemudian setiap entri dihubungkan ke data visual yang relevan.

“Saya telah diperlihatkan gambar-gambar yang berasal dari Gaza, tetapi saya tidak dapat melihat rantai tahanannya. Saya tidak tahu dari mana mereka berasal,” kata Schmitt, seraya menambahkan bahwa ini berarti dia tidak dapat memberikan pendapat ahli tentang apa yang mereka tunjukkan.

“Apa yang terjadi saat ini adalah penghancuran bukti. Saya tahu hal ini tidak disengaja, namun hal ini akan merugikan pihak-pihak yang tidak ingin kebenaran diungkapkan.”

5. PBB Turun Tangan

PBB telah menyerukan “penyelidikan yang jelas, transparan dan kredibel” terhadap kuburan massal di Gaza. Uni Eropa mendukung seruan tersebut, dengan mengatakan bahwa penemuan jenazah di rumah sakit “menimbulkan kesan bahwa mungkin telah terjadi pelanggaran hak asasi manusia internasional” sementara AS mengatakan pihaknya ingin masalah tersebut “diinvestigasi secara menyeluruh dan transparan”.

Tidak jelas organisasi mana yang akan mengindahkan seruan tersebut, atau siapa di masa depan yang mungkin mengambil tugas besar untuk melakukan penyelidikan.

Juru bicara hak asasi manusia PBB Jeremy Laurence mengatakan kepada Al Jazeera bahwa badan internasional tersebut tidak memberikan dukungan dalam pengumpulan bukti di lokasi pemakaman di Gaza “karena memerlukan keahlian khusus yang tidak ada di lapangan”.

6. Penyidik Asing dan Independen Bisa Jadi Solusi



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More