5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Kamis, 18 April 2024 - 19:40 WIB
Gandhi adalah wajah utama dari aliansi oposisi beranggotakan 26 orang yang dipimpin Kongres, bernama Aliansi Pembangunan Inklusif Nasional India (INDIA). Dia mengorganisir dua pawai lintas negara untuk memperkuat kampanye pemilihannya dan memanfaatkannya untuk ketidakpuasan atas kesusahan pedesaan, pengangguran dan ketimpangan pendapatan.

Gandhi bersaing dalam pemilu tahun ini dari Wayanad di negara bagian Kerala di bagian selatan.

3. Partai Aam Aadmi (AAP)



Foto/Reuters

Partai Aam Aadmi, atau Partai Rakyat Biasa, bangkit dari gerakan antikorupsi yang kuat pada tahun 2011 di tengah protes yang dipimpin oleh Anna Hazare – seorang pejuang yang mengaku didukung oleh ajudan dekatnya Arvind Kejriwal. Untuk pemilu kali ini, AAP adalah bagian dari aliansi INDIA.

Kejriwal, seorang kritikus setia Modi, mendirikan AAP pada tahun 2012 dan membentuk pemerintahan negara bagian di wilayah ibu kota negara Delhi pada tahun 2015, menimbulkan kekacauan politik yang tidak terduga bagi partai-partai mapan seperti BJP dan Kongres. Kejriwal telah menjadi ketua menteri Delhi sejak itu. Partai tersebut juga menjalankan negara bagian Punjab.

Namun, prospek AAP tahun ini dibayangi oleh penangkapan beberapa pemimpin penting mereka, termasuk Kejriwal, dalam kasus dugaan korupsi sebelum pemilu. Partai tersebut menolak tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai “upaya putus asa untuk memfitnah citra” Kejriwal demi keuntungan politik.

4. Dravida Munnetra Kazhagam (DMK)



Foto/Reuters

Sebagai kekuatan regional yang kuat di selatan India, DMK adalah partai terbesar ketiga di India dalam hal jumlah kursi yang dimilikinya di majelis rendah parlemen.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More