5 Partai Politik Terbesar di India, Salah Satunya Anti-Muslim

Kamis, 18 April 2024 - 19:40 WIB
Modi, 73 tahun, lahir dan besar di negara bagian barat Gujarat, telah menjadi anggota RSS sejak usia 20-an. Ia juga tergabung dalam Bharatiya Jana Sangh sebelum menjadi BJP. Modi naik pangkat selama bertahun-tahun dan menjadi menteri utama Gujarat selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun 2014, Modi memimpin BJP untuk membentuk pemerintahan mayoritasnya sendiri untuk pertama kalinya dan ia terus berkuasa sejak saat itu. Dia mengincar masa jabatan ketiga melalui pemilihan ulang dari Varanasi, sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh di utara, yang memiliki makna keagamaan bagi mayoritas Hindu.



2. Kongres Nasional India



Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Kongres adalah partai politik tertua di India, yang berdiri sejak tahun 1885 ketika Inggris berkuasa di anak benua India. “Partai tua yang agung” ini telah memerintah India selama lebih dari dua pertiga tahun sejak kemerdekaannya pada tahun 1947, dan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru yang berpendidikan Barat berjasa meletakkan dasar-dasar liberal dan sekulernya.

Putri Nehru, Indira Gandhi, adalah perdana menteri perempuan pertama dan satu-satunya di India. Kongres juga memperkenalkan reformasi ekonomi penting pada tahun 1991, yang membuka jalan bagi evolusi ekonomi pasar terbuka.

Namun Kongres mengalami kesulitan setelah Modi meraih kekuasaan pada tahun 2014.

Rahul Gandhi, lawan terberat Modi dan bintang kampanye Kongres, mengundurkan diri sebagai ketua partai setelah kinerja buruk dalam pemilihan parlemen terakhir pada tahun 2019. Namun, anggota parlemen empat kali berusia 53 tahun itu tetap menjadi pusat politik oposisi India dan Target utama Modi.

Sebagai keturunan dinasti Gandhi-Nehru, ayahnya Rajiv Gandhi, nenek Indira, dan kakek buyut Nehru semuanya adalah perdana menteri dan memimpin negara selama lebih dari 37 tahun.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More