5 Fakta Khan Younis, Salah Satunya Tempat Kelahiran Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Rabu, 10 April 2024 - 23:23 WIB
Berkendara dari pagar perbatasan ke jantung Khan Younis dengan kendaraan militer menawarkan sudut pandang yang terbatas, namun tampaknya tidak ada satu pun bangunan yang tidak tersentuh oleh perang.

Banyak bangunan hancur total dan puing-puingnya dibuldoser. Yang dibiarkan berdiri tampak rusak dan tidak mungkin diperbaiki. Beberapa terlihat seperti reruntuhan kastil abad pertengahan – satu-satunya dinding berlubang yang dulunya merupakan jendela.

Skala buldoser terlihat jelas saat melewatinya. Di beberapa daerah, jalanan dipenuhi tumpukan puing yang sangat tinggi sehingga kendaraan militer terkurung di dalamnya, dan melaju di bawah “permukaan jalan”.

3. Pada Masa Awal Perang, Khan Younis Lebih Aman



Foto/Reuters

Pada awal perang, militer Israel menetapkan Khan Younis sebagai zona yang lebih aman dan meminta penduduk di Gaza utara untuk mencari perlindungan di sana. Namun ketika IDF bergerak ke selatan, kota ini menjadi fokus berikutnya.

IDF mengatakan Khan Younis adalah markas Hamas, dan menambahkan bahwa jaringan terowongan di bawah bangunan sipil di kota tersebut kemungkinan merupakan tempat Hamas merencanakan serangan pada 7 Oktober.

Hamas membantah bersembunyi di rumah sakit dan bangunan sipil lainnya dan CNN tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen.

4. Mayoritas Penduduknya Mengungsi



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More