5 Fakta Khan Younis, Salah Satunya Tempat Kelahiran Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Rabu, 10 April 2024 - 23:23 WIB
Khan Younis merupakan adalah kampung halaman pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, dan, menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), merupakan benteng utama Hamas. Ini juga merupakan wilayah di mana militer Israel mendesak sejumlah besar warga sipil untuk mengungsi pada hari-hari awal perang, ketika Gaza utara menjadi fokus operasi Israel.

IDF menyerang Khan Younis dengan kekuatan penuh. Akibatnya banyak kawah yang merupakan hasil pengeboman Israel di kawasan tersebut.

Menurut IDF, banyak kawah kawah tersebut adalah satu-satunya sisa bangunan yang serupa dengan bangunan lain di kawasan tersebut. Pihak militer mengatakan terowongan itu rata karena berada di atas pintu masuk kompleks terowongan bawah tanah yang luas.

IDF mengatakan kompleks tersebut telah digunakan oleh Sinwar dan pejabat Hamas lainnya untuk bersembunyi sejak perang dimulai dan beberapa sandera yang diculik dari Israel oleh Hamas pada 7 Oktober ditahan di sana. Tidak jelas untuk berapa lama.

CNN termasuk di antara sekelompok kecil wartawan yang diberikan pengawalan militer oleh tentara Israel untuk melihat terowongan tersebut. Sebagai syarat memasuki Gaza di bawah pengawalan IDF, media harus menyerahkan foto dan rekaman video mentah kepada militer Israel untuk ditinjau sebelum dipublikasikan. IDF tidak meninjau laporan tertulis ini.

Didampingi oleh IDF berarti para jurnalis hanya bisa melihat apa yang bisa mereka lihat.



2. Kota yang Hancur



Foto/Reuters

Meski begitu, kehancuran yang disaksikan CNN di Gaza sungguh di luar imajinasi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More