Putin Siap Perang Nuklir, Seberapa Besar dan Siapa Pengendali Senjata Atom Rusia?

Kamis, 14 Maret 2024 - 08:18 WIB

5. Siapa Pemberi Perintah Rusia Luncurkan Serangan Nuklir?



Presiden adalah pengambil keputusan utama mengenai penggunaan senjata nuklir Rusia.

Koper yang disebut tas nuklir atau “Cheget”—dinamai dari Gunung Cheget di Pegunungan Kaukasus—selalu ada di tangan presiden.

Menteri Pertahanan Rusia saat ini Sergei Shoigu dan kepala staf umum saat ini Valery Gerasimov juga diperkirakan memiliki tas tersebut.

Pada dasarnya, tas kerja tersebut adalah alat komunikasi yang menghubungkan presiden dengan petinggi militernya dan kemudian dengan pasukan roket melalui jaringan komando dan kendali elektronik Kazbek yang sangat rahasia. Kazbek mendukung sistem lain yang dikenal sebagai “Kavkaz”.

Rekaman yang ditayangkan oleh saluran televisi Rusia; Zvezda, pada tahun 2019 menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai salah satu koper kerja dengan serangkaian kancing. Di bagian yang disebut "komando" ada dua tombol: tombol "luncurkan" berwarna putih dan tombol "batal" berwarna merah.

Koper tersebut diaktifkan dengan kartu flash khusus, menurut Zvezda.

Jika Rusia mengira akan menghadapi serangan nuklir strategis, presiden, melalui kopernya, akan mengirimkan perintah peluncuran langsung ke unit komando staf umum dan komando cadangan yang memegang kode nuklir. Perintah-perintah tersebut mengalir dengan cepat ke berbagai sistem komunikasi ke unit-unit kekuatan roket strategis, yang kemudian menembaki Amerika Serikat dan Eropa.

Jika serangan nuklir terkonfirmasi, Putin dapat mengaktifkan apa yang disebut sistem "Dead Hand (Tangan Mati)” atau “Perimetri” sebagai upaya terakhir—pada dasarnya komputer akan menentukan "hari kiamat".

Sebuah roket kendali kemudian akan memerintahkan serangan nuklir dari seluruh gudang senjata Rusia yang luas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More