5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

Sabtu, 06 Januari 2024 - 22:22 WIB
Pernyataan-pernyataan tersebut, termasuk pernyataan di mana para pejabat Israel menggambarkan masyarakat Gaza sebagai kekuatan “kegelapan” dan Israel sebagai kekuatan “terang”, juga disebutkan dalam tuntutan tersebut.

Afrika Selatan menambahkan bahwa “ruang lingkup operasi militer Israel – pemboman tanpa pandang bulu dan eksekusi warga sipil, serta blokade Israel terhadap makanan, air, obat-obatan, bahan bakar, tempat tinggal dan bantuan kemanusiaan lainnya”, adalah bukti dari klaim mereka. Tindakan tersebut telah mendorong wilayah tersebut ke “ambang kelaparan”, klaim gugatan tersebut.

Selain genosida, Afrika Selatan mengklaim bahwa Israel juga melakukan pelanggaran hukum internasional lainnya di Jalur Gaza, termasuk melancarkan serangan terhadap budaya Palestina dengan menyerang situs-situs “agama, pendidikan, seni, ilmu pengetahuan, monumen bersejarah, rumah sakit, dan tempat-tempat di mana orang sakit dan orang-orang Palestina berada.” yang terluka dikumpulkan”.

3. Israel Jadi Anggota Mahkamah Internasional



Foto/Reuters

Ya. Berdasarkan Konvensi Genosida, negara-negara dapat mengajukan tuntutan genosida terhadap negara lain, baik negara tersebut terlibat langsung atau tidak dalam konflik tersebut. Pada tahun 2019, Gambia, atas nama Organisasi Kerjasama Islam (OKI), mengajukan petisi ke pengadilan terhadap Myanmar atas kekejamannya terhadap masyarakat Rohingya.

Israel dan Afrika Selatan sama-sama merupakan anggota ICJ, yang berarti keputusan ICJ mengikat keduanya. Meski ICJ memiliki bobot lebih besar dibandingkan Dewan Keamanan PBB, di mana Israel dilindungi ketat oleh AS, namun pengadilan tersebut tidak memiliki kekuatan penegakan hukum. Faktanya, dalam beberapa kasus perintah ICJ diabaikan tanpa konsekuensi serius.

Pada bulan Maret 2022, misalnya, satu bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, Kyiv mengajukan kasus terhadap Rusia ke Pengadilan. Dalam hal ini, Ukraina juga meminta ICJ untuk menetapkan tindakan darurat untuk menghentikan agresi Rusia.

Pengadilan memang memerintahkan Moskow untuk menghentikan operasi militer segera setelah itu, dengan menyatakan bahwa mereka “sangat prihatin” dengan serangan terhadap Ukraina. Meski demikian, lebih dari setahun kemudian, perang di Eropa terus berlanjut.

4. Sidang Akan Digelar 11-12 Januari 2024

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More