4 Alasan Irak Dapat Terserat dalam Konflik Hamas dan Israel

Kamis, 28 Desember 2023 - 13:13 WIB


2. Terkait Pembunuhan Komanda Garda Revolusi Iran di Suriah



Foto/Reuters

Serangan yang dilakukan kelompok Irak terjadi beberapa jam setelah komandan tertinggi Iran di Suriah, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigadir Jenderal Razi Mousavi, dibunuh dalam serangan di siang hari bolong.

Tiga rudal, yang diyakini secara luas diluncurkan oleh Israel, menargetkan rumahnya di Sayyida Zeinab di selatan ibu kota Suriah.

Distrik ini merupakan lokasi tempat suci Syiah terpenting di Suriah, yang menarik jutaan peziarah setiap tahunnya. Anggota pasukan IRGC yang beroperasi di Suriah dikenal di Iran sebagai “pembela kuil” dan Mousavi bertugas mengoordinasikan mereka.

Sebagai anggota senior Pasukan Elit Quds ekstrateritorial IRGC, ia juga merupakan aktor utama dalam mendukung “poros perlawanan” di Levant, dan telah aktif di sana sejak tahun 1980an.

Mousavi dekat dengan Qassem Soleimani, jenderal tertinggi Iran dan arsitek utama pengaruh regionalnya, yang dibunuh oleh serangan pesawat tak berawak AS di Irak pada tahun 2020.

Para pejabat tinggi dan komandan militer Iran, termasuk Presiden Ebrahim Raisi, telah bersumpah bahwa Mousavi akan membalas dendam.

Hal ini terjadi ketika anggota poros lain yang didukung Iran, termasuk Hizbullah di Lebanon dan gerakan Houthi di Yaman, menyerang Israel dalam upaya untuk menghentikan perang yang telah menewaskan lebih dari 20.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More