Perang Gaza Belum Berakhir! Berikut 3 Alasannya

Sabtu, 25 November 2023 - 04:04 WIB

3. Gaza Hancur



Foto/Reuters

Banyak orang tidak lagi memiliki rumah untuk kembali setelah tujuh minggu pemboman dan invasi darat Israel yang dimulai pada tanggal 7 Oktober.

Warga Gaza Ashraf Shann mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia memiliki perasaan campur aduk tentang gencatan senjata tersebut.

“Saya tidak punya tempat untuk kembali meskipun [Israel] mengizinkan kami kembali ke Kota Gaza. Rumah saya dibom dan hancur total pada hari ketiga perang,” katanya.

“Pada saat yang sama, saya turut berbahagia untuk orang-orang yang orang-orang tercintanya hilang. Setidaknya mereka bisa pergi dan mengambil potongan-potongan itu dan mencoba mencarinya.”

Zak Hania, seorang pengungsi Palestina yang melarikan diri dari kamp pengungsi Shati, mengatakan “semuanya rusak di Gaza”.

“Kami tidak tahu harus senang atau sedih. Rumah kami hancur, hati kami hancur, semuanya hancur di Gaza sekarang. Kami tidak tahu bagaimana kehidupan akan berlanjut setelah ini,” katanya kepada Al Jazeera dari kota Khan Younis di selatan.

Ketika ditanya apakah dia berencana untuk pulang selama gencatan senjata, Hania menjawab: “Kami tidak bisa pergi karena tentara Israel mengatakan tidak ada yang diizinkan kembali ke utara dan orang-orang takut dan ragu untuk pergi.

“Saya pikir berbahaya untuk kembali karena mereka masih berada di jalan yang memisahkan Gaza utara dan selatan… Kami tidak yakin tentang apa pun dan kami hanya berdoa agar gencatan senjata tetap berlaku,” katanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More