Komandan Pasukan Elit Rusia Dilaporkan Tewas di Ukraina

Jum'at, 15 September 2023 - 21:44 WIB
ISW melaporkan bahwa Vasily Popov kemungkinan besar menggantikan Pyotr Popov sebagai komandan Divisi 247 pada bulan Agustus atau September 2023. Jika kematiannya terkonfirmasi, Vasily Popov akan menjadi komandan unit kedua yang terbunuh dalam aksi sejak awal invasi skala penuh.

Sebelumnya, Kolonel Konstantin Zizevsky terbunuh di Ukraina selatan pada musim semi 2022.

Mediazona melaporkan bahwa pasukan ke-247 telah menderita banyak korban selama 18 bulan pertempuran di Ukraina.

“Pada minggu pertama perang, resimen tersebut kehilangan sedikitnya 60 orang yang tewas ketika mencoba menyerbu Nikolaev,” tulisnya, menggunakan nama Rusia untuk kota pelabuhan Mykolaiv di Laut Hitam Ukraina, tempat pergerakan Rusia ke selatan dihentikan pada musim semi 2022.

Unit tersebut mungkin menderita korban dalam serangkaian serangan Ukraina terhadap Bandara Internasional Kherson di Chornobaivka yang dikuasai Rusia. Pasukan ke-247 juga diyakini telah terluka dalam pertahanan pemukiman Donetsk di Staromaiorske pada bulan Juli.



ISW mencatat bahwa elemen-elemen dari Pasukan ke-247 bertempur di perbatasan Donetsk-Zaporizhzhia, yang telah menjadi salah satu wilayah dalam upaya serangan balasan Ukraina yang intens sejak awal Juni.

Unit-unit lintas udara yang relatif elit, kata ISW, sedang melakukan serangan balik terbatas di sektor-sektor penting di garis depan, dan kematian Vasily Popov mendukung penilaian ISW bahwa serangan balik ini kemungkinan akan semakin melemahkan unit-unit ini.

Pasukan lintas udara — dikenal sebagai VDV, akronim dari Vozdushno Desantniye Voyska dalam bahasa Rusia — adalah salah satu pasukan Rusia yang paling terlatih, memiliki perlengkapan terbaik, dan paling berpengalaman.

Mereka dilatih untuk memimpin operasi ofensif Rusia dan ditugaskan untuk menduduki dan mempertahankan target strategis yang penting.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More