10 Kota yang Identik dengan Gangguan Psikologis, Nomor 4 Banyak Orang Ingin Bunuh Diri

Minggu, 27 Agustus 2023 - 19:30 WIB
Broklyn dikenal sebagai kota yang juga identik dengan gangguan psikologis. Foto/Reuters
WASHINGTON - Ada beberapa kota ternama di dunia yang diidentikkan dengan gangguan psikologis. Itu tentunya berkaitan langsung dengan kota tersebut.

Umumnya, hal tersebut berkaitan dengan sejarah atau insiden yang pernah terjadi. Namun, ada juga beberapa kota yang berkaitan dengan spiritual tertentu.

Secara keseluruhan, melansir Big Think, terdapat beberapa kota di seluruh dunia mempunyai beban yang unik: kota-kota tersebut mempunyai gangguan psikologis yang dinamai menurut nama kota tersebut. Dalam edisi lama Names, jurnal American Name Society, Ernest Lawrence Abel membuat daftar dan mendeskripsikannya. Dia menyusunnya dalam tiga kategori: empat terkait dengan pariwisata, tiga terkait dengan situasi penyanderaan, dan tiga “lainnya”.

Berikut adalah 10 kota yang identik dengan gangguan psikologis.

1. Sindrom Yerusalem



Foto/Reuters



Pertama kali dilaporkan pada tahun 1930an, Sindrom Yerusalem mempengaruhi sekitar 100 pengunjung setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, sekitar 40 orang perlu dirawat di rumah sakit.

Gejala biasanya mereda beberapa minggu setelah kunjungan. Karena fokusnya pada agama, sindrom ini bermanifestasi sebagai khayalan bahwa subjeknya adalah tokoh penting dalam Alkitab. Contoh sebelumnya mencakup orang-orang yang percaya bahwa mereka adalah Maria, Musa, Yohanes Pembaptis, dan bahkan Yesus sendiri.

Para penderita akhirnya berkhotbah dan berteriak-teriak di jalan, memperingatkan orang-orang yang lewat akan mendekatnya akhir zaman dan perlunya penebusan. Seringkali terobsesi dengan kemurnian fisik, beberapa orang akan mencukur seluruh bulu tubuh, mandi berulang kali, atau secara kompulsif memotong kuku jari tangan dan kaki mereka.

Sindrom Yerusalem terutama menyerang umat Kristen, namun juga Yahudi, dengan beberapa perbedaan yang jelas. Misalnya: Umat Kristen kebanyakan membayangkan diri mereka sebagai tokoh-tokoh Perjanjian Baru, sementara orang-orang Yahudi cenderung meniru tokoh-tokoh Perjanjian Lama.

2. Sindrom Paris



Foto/Reuters

Pertama kali dilaporkan pada tahun 2004, sindrom ini terutama menyerang pengunjung pertama kali dari Jepang. Rata-rata, 12 kasus dilaporkan setiap tahun, sebagian besar terjadi pada usia 30-an.

Penderitanya menunjukkan gejala-gejala termasuk kecemasan, delusi (termasuk keyakinan bahwa kamar hotel mereka telah disadap atau bahwa mereka adalah Louis XIV, “Raja Matahari” Prancis), dan halusinasi.

Mengapa Sindrom Paris terutama menyerang wisatawan Jepang? Mungkin itu jet lag. Atau bisa juga merupakan konfrontasi yang mengejutkan antara cita-cita apriori Paris yang eksotik dan bersahabat dengan sifat penduduk kota yang lebih kasar.

Atau tingginya tingkat ketidakpahaman linguistik antara pengunjung Jepang dan tuan rumah mereka di Paris. Mungkin sedikit (atau lebih tepatnya, banyak) dari semua hal tersebut secara bersamaan.

Masalah ini cukup penting bagi Kedutaan Besar Jepang di Paris untuk menyediakan hotline 24 jam, membantu rekan senegaranya yang terkena dampak mendapatkan perawatan yang tepat. Kebanyakan pasien membaik setelah beberapa hari istirahat. Beberapa diantaranya sangat terpengaruh sehingga satu-satunya pengobatan yang diketahui adalah segera kembali ke Jepang.

3. Sindrom Florence



Foto/Reuters

Pertama kali dilaporkan pada tahun 1980an dan sejak diamati lebih dari 100 kali, sindrom ini sebagian besar menyerang wisatawan Eropa Barat yang berusia antara 20 dan 40 tahun. Pengunjung Amerika tampaknya tidak terlalu terpengaruh.

Sindrom tersebut merupakan reaksi akut yang disebabkan oleh antisipasi dan kemudian pengalaman terhadap kekayaan budaya kota. Penderita sering kali dibawa ke rumah sakit langsung dari museum di Florence.

Gejala ringannya antara lain jantung berdebar, pusing, pingsan, dan halusinasi. Namun, sekitar dua pertiga dari penderitanya mengalami psikosis paranoid. Kebanyakan penderita dapat kembali ke rumah setelah beberapa hari istirahat.

Penderitaan ini juga dikenal sebagai “Sindrom Stendhal”, diambil dari nama penulis Perancis yang menggambarkan fenomena tersebut selama kunjungannya ke Florence pada tahun 1817. Saat mengunjungi Basilika Salib Suci, tempat Machiavelli, Michelangelo, dan Galileo dimakamkan, dia “berada di semacam ekstasi… Saya mencapai titik di mana seseorang menemukan sensasi surgawi… Saya berjalan dengan rasa takut terjatuh.”

4. Sindrom Venesia

Agak lebih mengerikan dibandingkan kondisi sebelumnya, Sindrom Venesia menggambarkan perilaku orang yang bepergian ke Venesia dengan niat bunuh diri di kota.

Antara tahun 1988 dan 1995, 51 pengunjung asing didiagnosis demikian. Subjeknya adalah laki-laki dan perempuan, namun kelompok terbesar berasal dari Jerman. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh dampak budaya dari Death in Venice, novel karya penulis Jerman Thomas Mann, yang kemudian diangkat menjadi film.

Namun, kelompok lain dalam kelompok tersebut berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis, serta negara-negara lain. Secara keseluruhan, 16 orang berhasil dalam misi bunuh diri mereka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More