7 Musuh Putin yang Bernasib Tragis, dari Diracun hingga Ditembak Mati

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 13:36 WIB
Penyelidikan Inggris tahun 2016 menyimpilkan bahwa Putin mungkin menyetujui pembunuhan tersebut. Namun Kremlin membantah terlibat.

Penyelidikan yang dipimpin oleh seorang hakim senior Inggris menemukan bahwa mantan pengawal KGB Andrei Lugovoy dan warga Rusia lainnya, Dmitry Kovtun, melakukan pembunuhan tersebut sebagai bagian dari operasi yang menurutnya mungkin diarahkan oleh Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), pewaris utama KGB era Soviet.

Litvinenko melarikan diri dari Rusia ke Inggris enam tahun sebelum dia diracun.

5. Alexander Perepilichny



Pria Rusia berusia 44 tahun ini ditemukan tewas di dekat rumah mewahnya di sebuah kawasan eksklusif di luar London setelah dia keluar jogging pada November 2012.

Alexander Perepilichny mencari perlindungan di Inggris pada tahun 2009 setelah membantu penyelidikan Swiss terhadap skema pencucian uang Rusia. Kematiannya yang mendadak menimbulkan dugaan bahwa dia mungkin dibunuh.

Polisi Inggris mengesampingkan tindakan yang tidak beres meskipun ada kecurigaan bahwa dia mungkin dibunuh dengan racun langka. Sidang pra-pemeriksaan mendengar bahwa jejak racun langka dan mematikan dari tanaman gelsemium ditemukan di perutnya.

Perepilichny sebelumnya menikmati semangkuk besar sup berisi coklat kemerah-merahan, hidangan populer Rusia. Rusia membantah terlibat dalam kematiannya.

6. Viktor Yushchenko



Viktor Yushchenko, yang saat itu adalah pemimpin oposisi Ukraina, diracuni selama kampanye pemilihan presiden 2004 di mana ia mencalonkan diri sebagai kandidat pro-Barat melawan Perdana Menteri Viktor Yanukovich yang pro-Moskow.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More