AS Parkir Armada Serangan Amfibi di Teluk Persia, Iran Sesumbar Kekuatan Rudal

Selasa, 25 Juli 2023 - 18:44 WIB
AS menggunakan garis ‘kebebasan navigasi’ yang sama yang digunakannya untuk membenarkan pengerahan kapal perang, pesawat terbang, dan pasukan ribuan mil dari pantai Amerika ke perairan yang diklaim China di Laut China Selatan.

Pekan lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani menekankan, "Iran memantau dengan sensitif setiap tindakan ilegal dan tidak konstruktif yang memengaruhi keamanan kawasan dan akan memberikan perhatian khusus pada setiap tindakan provokatif dan ilegal, terutama di dekat perbatasannya."

Iran memiliki salah satu militer terbesar dan paling berteknologi maju di Timur Tengah, dan dilengkapi dengan bermacam-macam rudal, kapal perang, dan sistem pertahanan udara yang dirancang dan diproduksi di dalam negeri.

Persenjataan itu dirancang khusus untuk perang asimetris melawan musuh yang jauh lebih besar dan lebih kuat.

Negara itu telah berulang kali menunjukkan dalam beberapa tahun terakhir bahwa Iran tidak akan mentolerir pelanggaran ruang udara dan lautnya.

Iran telah menjatuhkan drone mata-mata AS senilai USD220 juta dari langit di atas Selat Hormuz pada Juni 2019.

Teluk Persia adalah salah satu badan air yang paling strategis dan penting di dunia, dengan kargo minyak berbasis kapal menyumbang sekitar 20-30% konsumsi global yang melewati perairannya setiap hari.
(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More