Kekuatan Militer Polandia, Negara yang Berambisi Menjadi yang Terkuat di Eropa

Selasa, 25 Juli 2023 - 15:01 WIB
Konvoi tank militer Polandia menggelar parade. Foto/REUTERS
WARSAWA - Polandia sebagai anggota NATO terpacu menambah kekuatan militernya dengan menggandakan pengeluaran militer sejak pecahnya perang antara Ukraina dan Rusia.

Terlebih setelah rudal Rusia yang ditujukan untuk Ukraina jatuh di wilayah Polandia pada awal 2023 lalu. Ketegangan yang mulai menyebar ke negara sekitar ini memicu ketakutan konflik nuklir yang akan terjadi dalam waktu dekat menurut para pengamat.

Kekuatan Militer Polandia





Untuk mempersiapkan diri dari konflik yang masih berlangsung, Polandia mulai berbenah dan meningkatkan kekuatan militer mereka.

Saat ini Polandia masuk ke dalam 20 besar, negara dengan kekuatan militer terbesar menurut Global Fire Power di tahun 2023. Berikut ini detail dari kekuatan militer yang dimiliki Polandia saat ini.

1. Personel dan Dana Militer



Total personil militer yang tercatat di Polandia adalah sebesar 152,500 orang. Dengan 37 ribu personel Angkatan Udara, 65 ribu personel Angkatan Darat, dan 12.500 personel Angkatan Laut.

Sementara dana yang dikeluarkan untuk meningkatkan kekuatan militer ini adalah sebesar USD351 miliar.

2. Kekuatan Angkatan Darat



Untuk kekuatan Angkatan Darat, Polandia memiliki 398 tank yang masih beroperasi. Negara ini juga memiliki sekitar 343 artileri dan 144 unit peluncur roket.

Namun baru-baru ini Polandia berencana menambah armada daratnya dengan memesan 250 tank Abrams, 180 tank K2, 200 howitzer Thunder K9, dan Peluncur roket Chunmoo K239 dari Amerika Serikat menurut laporan Left Voice.

3. Kekuatan Angkatan Udara



Beralih ke Angkatan Udara Polandia, mereka memiliki sekitar 64 pesawat tempur, dan 21 helikopter penyerang. Nantinya armada ini akan ditambah dengan 48 pesawat FA-50 yang telah dipesan dari AS.

4. Kekuatan Angkatan Laut



Kekuatan Angkatan Laut Polandia sampai saat ini masih terbilang minim, karena selain memiliki personil militer yang paling sedikit, alutsista Angkatan Laut juga hanya memiliki 2 Kapal Frigates, 2 Kapal Corvette, dan 3 Kapal Patroli.
(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More