1.500 Pasukan Korea Utara Segera Dikirim ke Medan Tempur Melawan Tentara Ukraina

Minggu, 20 Oktober 2024 - 22:53 WIB
loading...
1.500 Pasukan Korea...
Tentara Korea Utara segera dikirim ke medan perang melawan Ukraina. Foto/Rodong Sinmun
A A A
MOSKOW - Tentara Korea Utara telah difilmkan menerima seragam dan peralatan di tempat pelatihan di timur jauh Rusia. Itu mengonfirmasi laporan dari Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan bahwa 1.500 tentara telah dikirim untuk pelatihan militer yang akan dikerahkan di Ukraina.

Pasukan Korea Utara diperkirakan menerima pelatihan sebelum dikirim ke garis depan di Ukraina, yang dianggap sebagai tanda yang jelas dari hubungan yang semakin menghangat antara Moskow dan Pyongyang.

Dalam sebuah video yang dibagikan dengan CNN oleh organisasi pemerintah Ukraina, Pusat Komunikasi Strategis dan Keamanan Informasi Ukraina, barisan panjang tentara terlihat mengantre untuk menerima seragam mereka. Para prajurit diduga berbicara dalam bahasa Korea, meskipun audio berkualitas rendah mencegah diskusi mereka dipahami sepenuhnya.

Setelah tiba di Rusia, para rekrutan Korea Utara diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi ukuran topi, tutup kepala, seragam, dan sepatu mereka. Dalam salinan kuesioner yang dibagikan kepada CNN, bagian atas formulir ditulis dalam bahasa Rusia sementara berbagai pilihan ukuran ditulis dalam bahasa Korea.



Video lain yang beredar di media sosial, yang dilokasikan oleh CNN, menunjukkan pasukan tiba di Lapangan Pelatihan Sergeevka yang dekat dengan perbatasan Rusia dengan Tiongkok. Dalam video tersebut, seorang penutur bahasa Rusia terdengar di latar belakang mengatakan "kami tidak dapat merekam mereka," sebelum menambahkan: "Ada lebih banyak lagi... ada jutaan dari mereka di sini. Ini bala bantuan baru. Ini baru permulaan. Masih banyak lagi.”

Bukti ini tampaknya mengonfirmasi kekhawatiran lama Kyiv bahwa Korea Utara telah mempersiapkan diri untuk peran yang lebih langsung dalam perang Rusia di Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berulang kali membunyikan peringatan mengenai aliansi Rusia dan Korea Utara yang semakin dalam, dengan mengatakan pada pertemuan puncak NATO minggu ini bahwa “ribuan” pasukan Korea Utara sedang dalam perjalanan ke Rusia.

“Dari intelijen yang saya miliki … mereka sedang mempersiapkan 10.000 tentara, berbagai tentara, pasukan darat, personel teknis,” kata Zelensky kepada wartawan, menggambarkannya sebagai perkembangan “mendesak” yang telah ia sampaikan kepada Amerika Serikat.

Media Korea Selatan sebelumnya melaporkan bahwa Korea Utara akan mengirim total 12.000 tentara, meskipun angka ini tidak termasuk dalam pernyataan dari dinas intelijen nasional.

Ini bisa menandai pertama kalinya Korea Utara melakukan intervensi signifikan dalam konflik internasional. Korea Utara memiliki salah satu militer terbesar di dunia dengan 1,2 juta tentara, tetapi banyak dari pasukannya tidak memiliki pengalaman tempur.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)